Cara Membuat Pakan Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Saat ini banyak orang yang tidak hanya memelihara kelinci. Banyak orang mulai menjadikan kelinci sebagai hewan ternak dan menjadikannya sebagai bisnistersendiri.

Bisnis tersebut tidak hanya bisnis ternak atau menjual kelinci sendiri, namun beberapa ada juga yang menjualnya sebagai bahan pangan yang dibuat sate kelinci dan menjadi bisnis kuliner. Peminat kelinci dan daging kelincisangatlah banyak.

Kelinci

Gambar Kelinci

Pelet Pengganti Rumput

Jika Anda tertarik untuk berbisnis kelinci, mungkin Anda tidak ingin kesusahan dalam mencari rumput sebagai bahan pakan utama kelinci. Pada saat ini sangatlah susah untuk mendapatkan rumput dilingkungan sekitar Anda. Terlebih Anda yang hidup di perkotaan dan sangat sibuk.

Terdapat pelet kelinci sebagai salah satu makanan alternatif untuk kelinci. Pelet kelinci ini juga bisa menjadi bahan alternatif bisnis Anda lainnya. Tentu hal ini menjadi keuntungan lain bagi Anda para peternak kelinci.

Bahan Pelet

Harga pelet yang terbilang sangat mahal ini menjadikan banyak orang membuat pakan kelinci sendiri. Pada mulanya, pelet tersebut adalah salah satu konsentrat gizi yang sangat dibutuhkan kelinci. Pelet tersebut dapat bertahan lama.

Pelet tersebut mengandung beberapa bahan didalamnya seperti tanaman biji-bijian dan juga residu bijian dan juga bahan konsumsi manusia lainnya. Bahan yang diperlukan lainnya ialah bekatul, tepung jagung dan tepung lainnya. Bahan tersebut bisa Anda temukan di pasaran dan cukup murah.

Jumlah Kebutuhan Pakan Kelinci

Dalam membuat pakan kelinci sendiri, Anda harus memperhatikan jumlah kebutuhan yang diperlukan kelinci tersebut berdasar umurnya. Untuk kelinci dewasa sekitar 100-140 gram, kelinci yang sedang hamil sekitar 160-200 gram.

Sedangkan untuk kelinci yang baru berumur 2 sampai 4 bulan sekitar kurang ari 70 gram. Pemberian pelet yang berlebihan dapat menyebabkan kegemukan pada kelinci. Jika kelinci sudah terlanjur gemuk, ada baiknya jika diumbar di luar kandang agar sering mengeluarkan kotorannya.

Alat yang Dibutuhkan dan Cara Membuat

Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan dalam cara membuat pelet adalah bak plastik yang digunakan untuk mencampur adonan pelet. Selain itu sediakan juga sendok, panci, kompor, alat untuk menggiling daging atau mie, palstik bening dan oven.

Cara pembuatan yang pertama ialah, campurkan semua bahan-bahan yang seperti sudah disebutkan diatas dengan ketentuan masing-masing pada bahan. Campur rata semua adonan tersebut dengan air hingga menyatu dalam adonan bak plastik tersebut.

Setelah semua adonan merata, kukus adonan tersebut dengan panci selama 30 menit sampai adonan berubah lebih tua. Setelah adonan berubah warna dan masih panas, cetak adonan tersebut dengan penggilingan mie hingga membentuk adonan memanjang.

Gunakan oven untuk mengeringkan adonan tersebut atau Anda juga bisa menjemurnya. Dalam menjemur, ada baiknya Anda menggunakan plastik sebagai alasnya. Setelah benar-benar kering, pakan pelet kelinci bisa dapat langsung dikonsumsi.

Kesulitan Bagi Pemula

Biasanya bagi pemula dalam membuat pelet tersebut akan menemukan kesusahan pada saat penggilingan bahan tersebut. Bahan tidak merekat sehingga menyebabkan bahan tersebut mudah hancur. Untuk merekatkan bahan, Anda bisa menggunakan bahan makanan singkong rebus.

Anda dapat mengganti pakan pelet tersebut dengan bahan pakan organik lainnya. Tidak terlalu sulit untuk beternak kelinci. Anda hanya harus memperhatikan bahan pakan apa saja yang baik dikonsumsi bagi kelinci tersebut.

Semua bahan pangan yang ada juga cocok bagi jenis kelinci yang lain. Pelet tersebut dapat diproduksi juga dalam jumlah besar dan bisa menjadi indutri rumahan bagi Anda. Bisnis kelinci dapat menjadi investasi yang baik untuk Anda.

Be the first to comment on "Cara Membuat Pakan Kelinci"

Leave a comment