1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Membuat Pakan Ikan Mas


Dari sekian banyak jenis ikan yang biasa dibudidayakan di Indonesia, ikan lele mungkin merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer. Ikan mas dikenal akan rasanya yang gurih dan dagingnya yang memiliki tekstur empuk. Jenis ikan ini dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan mulai dari pepes hingga ikan mas goreng yang renyah. Melihat tingginya kebutuhan akan ikan mas, banyak orang yang memutuskan untuk membudidayakan ikan mas sendiri. Budidaya ikan mas dianggap sebagai lahan bisnis baru yang cukup menjanjikan.

Pemberian Pakan

Salah satu faktor penting dalam budidaya ikan mas adalah pemberian pakan. Ada berbagai jenis pakan ikan mas yang tersedia di pasaran. Pakan ikan mas di formulasikan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan ikan mas. Untuk mendapatkan ikan mas dengan kualitas yang baik, anda harus memilih pakan dengan kualitas yang baik pula. Salah satu jenis pakan yang cukup sering digunakan untuk ikan mas adalahpelet. Akan tetapi, dikarenakan harga pelet yang kian mahal, para peternak ikan mas mulai mencoba mencari alternatif pakan untuk ternak ikan mas mereka.

Membuat Pakan Sendiri

Jika anda ingin membuat pakan lele sendiri, maka yang harus anda perhatikan adalah bahan-bahan yang anda gunakan unutuk membuat pakan tersebut. Pada dasarnya, ada banyak sekali bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat pakan ikan mas. Bahan-bahan ini dapat ditemui dengan mudah dan cenderung lebih murah dibandingkan pelet. Secara garis besar, bahan pembuat pakan ikan mas dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu bahan nabati dan bahan hewani.

Bahan Pembuat Pakan

Bahan nabati adalah bahan-bahan yang didapat dari tanaman seperti dedak atau bekatul. Sementara bahan hewani adalah bahan-bahan organik yang merupakan hasil hewan seperti telur atau tepung ikan. Ada juga alternative bahan pakan lain yaitu dengan menggunakan teknik kultur untuk membudidayakan plankton. Teknik ini cukup populer karena bahan pakan yang dihasilkan memiliki nilai nutrisi yang cukup tinggi. Anda juga dapat membuat pellet sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti tepung kedelai, tepung ikan, dan tepung terigu.

Pembuatan Emulsi

Emulsi adalah salah satu bentuk pakan ikan mas yang dapat anda buat sendiri. Pakan jenis ini biasa diberikan pada ikan mas yang berumur 5 sampai 21 hari. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat emulsi adalah tepung kedelai dan kuning telur ayam dengan perbandingan satu banding satu. Bila perlu, anda dapat menambahkan vitamin ikan sebanyak 1%.

Cara pembuatan emulsi adalah dengan cara melarutkan kuning telur ayam yang telah direbus ke dalam 200 ml air matang. Tambahkan 40 g tepung kedelai dan 5 g tepung sagu. Tambahkan juga vitamin ikan sebanyak 1 g. Campuran tersbut dipanaskan sambil diaduk-aduk hingga terbentuk emulsi atau gumpalan. Cara pemberian pakan jenis ini adalah dengan menyemprotkannya di atas permukaan air. Pemberian emulsi dapat dilakukan 6 hingga 8 kali per hari.

Membuat Tepung dan Pelet

Jenis makanan ikan mas lainnya yang dapat dibuat sendiri adalah tepung. Tepung dapat dibuat dengan cara menghaluskan pelet. Tepung dapat diberikan pada ikan mas berumur 40 hingga 80 hari. Selain tepung, bahan pakan lain yang dapat dibuat sendiri adalah pelet. Pelet dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan berupa tepung ikan, tepung kedelai, tepung terigu, dan kuning telur. Cara pembuatan pelet hampir sama dengan cara membuatemulsi. Hanya saja pelet dicetak menjadi butiran halus. Bila perlu, pelet dapat dikeringkan dengan cara dijemur.

Kultur Pakan Alami

Pilihan lain sebagai pakan alternatif untuk ikan mas adalah dengan cara membudidayakan plankton sebagai kultur pakan alami. Beberapa jenis plankton yang dapat dibudidayakan dengan teknik kultur antara lain adalah Rotifera, Moina, dan Daphnia. Anda juga dapat membudidayakan cacing Tubifek sebagai bahan pakan alternatif untuk ikan mas.

Send to Kindle
More from Ikan Mas
Back to Top