Mempelajari Cara Budidaya Tokek Agar Hasil Ternak Maksimal

Bisnis tokek memang sangat menggiurkan karena harga seekor tokek bisa melambung tinggi jika berat dan besarnya sudah mencapai angka tertentu. Dulunya memang orang menjual tokek dengan harga tinggi hanya karena kebetulan, namun kini karena sangat menguntungkan, banyak orang berminat memulai ternak tokek. Karena itulah banyak sekali yang tertarik akan cara budidaya budidaya.

Jika Anda tertarik dengan ternak tokek, tentu ada banyak hal yang harus Anda pelajari. Tentu hal ini bisa menjadi sebuah hal yang sangat menarik karena ternak tokek bisa sangat menguntungkan jika ditekuni dengan baik dan juga menggunakan cara-cara yang benar supaya hasilnya pun optimal. Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui tentang cara ternak tokek jika ingin memulai ternak tokek;

  • Kandang

Jika ingin memelihara tokek dengan tujuan untuk dibesarkan dan dijual, kandang adalah masalah penting yang harus diperhatikan. Setelah mendapatkan bibit  yang sesuai, maka kandang harus sudah disiapkan. Aquarium biasanya menjadi pilihan banyak peternak dengan ukuran 20-30 galon. Untuk mencegah tokek kabur bisa digunakan jala dengan mesh kecil-kecil untuk ditutupkan pada bagian atas aquarium. Kandang bisa juga dibuat dari papan lunak seperti triplek.

Untuk pengelompokannya sendiri bisa dipisah antara satu tokek dengan yang lain apalagi jika ukurannya berbeda jauh. Hal ini bertujuan untuk menyamaratakan berat tokek tersebut supaya tidak terjadi perbedaan yang terlalu mencolok. Untuk tokek betina memang bisa dikandangkan bersama, namun untuk tokek jantan dewasa sebaiknya dikandangkan sendiri karena memungkinkan terjadinya persaingan dan memicu kemungkinan saling bunuh dan rencana pembibitan anda tidak akan berhasil nantinya.

Tokek jantan dewasa sudah bisa dimasukkan kedalam kandang bersama dengan beberapa tokek betina dengan ukuran sama. Tokek betina dengan ukuran kecil sebaiknya tidak bereproduksi dulu karena akan memberikan dampak buruk pada kesehatan tokek betina tersebut.  Perhatikan juga suasana kandang dan buatlah sealami mungkin agar tokek bisa merasa seperti di habitat asalnya. Ranting dan pasir bisa sangat membantu untuk menciptakan kandang yang nyaman untuk tokek.

  • Perhatikan Suhu Kandang

Suhu pada kandang haruslah dipantau dengan baik yakni tidak lebih dari 90 derajat Fahrenheit. Jangan sekali-kali memasang lampu pijar didalam kandang karena itu akan membuat tokek stress lalu tidak mau makan dan kemudian mati. Kondisi gelap adalah yang terbaik dan jika anda ingin memberikan lampu, maka lampu berwarna merah adalah yang paling tepat karena tokek tidak bisa melihat warna merah. Ini merupakan salah satu hal penting dalam cara beternak tokek. Mempelajari teknik budidaya tokek itu sangat penting sekali karena akan menentukan hasil dari ternak anda.

  • Pemeliharaan Tokek

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah dalam memelihara tokek tersebut. Dalam pemeliharaan, pakan adalah yang utama. Makanan yang paling disarankan adalah ulat, cacing, jangkrik, dan juga anak tikus yang usianya baru beberapa hari. Masalah minuman, air itu penting meskipun tokek pada dasarnya tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak. Dalam seminggu, anda bisa memberikan 2 sampai tiga kali pemberian air. Jika perlu tambahkan vitamin untuk hasil yang lebih baik dalam pembesaran tokek.

Tokek seperti layaknya ular yang juga berganti kulit. Pada saat pergantian kulit, ada baiknya mengecek kelembaban kandang dan bisa menggunakan media kotak stereoform. Pergantian kulit haruslah sempurna meskipun itutokek rumah. Pastikan perkembangan tokek anda diperhatikan benar supaya tokek anda tumbuh sempurna.

Be the first to comment on "Mempelajari Cara Budidaya Tokek Agar Hasil Ternak Maksimal"

Leave a comment