Tips Cara Budidaya Stevia

Apa Itu Stevia?

Sudah banyak sekali orang yang tertarik dengan bisnis pembudidayaan tanaman tertentu terutama Stevia. Walau sudah banyak yang pernah mendengar apa itu Stevia, namun beberapa orang belum tahu apa sih tujuan mengembangkan Stevia. Pada umumnya orang membudidayakan stevia guna sebagai alternatif produk pemanis buatan untuk makanan. Dapat dikatakan stevia dapat menjadi pengganti gula sintetis dan tentu tidak berbahaya bagi tubuh.

Pemeliharaan Stevia

Bila kita membicarakan mengenai cara budidaya tanaman Stevia, maka yang amat penting diperhatikan adalah bagaimana anda merawat tanaman tersebut. Ada tiga jenis aktifitas perawatan Stevia yang anda harus lakukan. Yang pertama adalah pemupukan guna menjamin proses pertumbuhan yang maksimal. Yang kedua adalah pemangkasan dan yang ketiga adalah pemberantasan hama penyakit yang tentu saja amat mengganggu tanaman Stevia anda.

Paska Panen Daun

Selain aspek pemeliharaan, anda juga harus tahu bagaimana menangani paska panen daun. Memang dapat dikatakan mudah dalam menangani proses panen tanaman Stevia tersebut namun anda harus benar-benar tahu apa yang harus dilakukan paska panen daun. Pipilah daun yang sudah anda panen secepatnya dan kemudian dikeringkan. Keterlambatan dalam proses pemipilan akan berpengaruh pada tingkat kemanisan Stevia tersebut tentunya.

Tips Pengeringan Daun Stevia

Bila diperhatikan mengenai teknik budidaya Stevia, banyak yang bermasalah dengan bagaimana cara melakukan proses pengeringan yang benar terhadap daun Stevia tersebut. Tips yang pertama yang dapat anda gunakan adalah dengan memilih terlebih dahulu daun yang hendak dikeringkan. Potonglah dahan yang memiliki tinggi sekitar 10 cm kemudian panen daunnya. Jangan memilih daun yang telah terkontaminasi pestisida tentunya.

Perlunya Pembersihan Daun

Walau proses dan cara tanam Stevia tergolong mudah, pengeringan daun dapat menjadi masalah bagi banyak orang. Sebelum dilakukan proses pengeringan, perlu diperhatikan pula mengenai pembersihan daun yang hendak dikeringkan. Cuci secara bersih daun Stevia dengan menggunakan air yang bersih pula. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak adanya pestisida yang tercampur pada daun tersebut.

Gunakan Kain Bersih atau Handuk

Setelah anda melakukan pembersihan terhadap daun Stevia, anda perlu menggunakan kain bersih, tisu, atau handuk guna mengeringkan daun tersebut dari air sisa pembersihan. Walau banyak orang yang hanya melakukan penirisan, hal tersebut memerlukan waktu yang lama sehingga kain atau handuk dapat menjadi pilihan paling tepat. Memang hal ini sepele bila dibandingan cara menanam Stevia akan tetapi tidak boleh dihiraukan.

Penjemuran Daun

Setelah memastikan bahwa daun Stevia yang anda cuci tadi tidak menyisakan air sama sekali, yang perlu anda lakukan berikutnya adalah dengan menjemur daun-daun tersebut dibawah sinar matahari secara langsung. Anda harus tahu berapa lama durasi yang dianjurkan dalam menjemur daun Stevia dibawah sinar matahari dan waktu yang tepat untuk menjemur guna memastikan proses pengeringan berjalan secara maksimal. Selanjutnya nanti akan dibahas cara bercocok tanam Stevia.

Tips Bercocok Tanam Stevia

Anda juga harus benar-benar mengerti bagaimana cara penanaman Stevia yang benar guna memastikan proses pertumbuhan berjalan secara maksimal. Satu hal yang paling signifikan untuk dipertimbangkan adalah mengenai kondisi lahan yang anda punya untuk menanam Stevia. Pastikan lahan tersebut subur dan bila perlu belilah pupuk yang berkualitas.

Pemilihan Bibit Stevia

Selain faktor kualitas lahan dan juga bagaiamana anda merawat Stevia anda, yang harus diperhatikan berikutnya adalah mengenai memilih bibit Stevia yang berkualitas. Anda dapat dengan langsung bertanya kepada penjual bibit Stevia mengenai kualitas yang terbaik yang dapat anda peroleh. Namun anda perlu mengeluarkan uang lebih bila ingin mendapatkan kualitas bibit yang terbaik. Anggap saja pengeluaran tersebut sebagai investasi.

Potensi Pasara Stevia

Dalam proses budidaya tanaman Stevia, banyak dari anda yang bertanya-tanya tentang potensi apa yang bisa anda peroleh bukan? Pada kenyataannya, semakin banyak permintaan akan daun Stevia karena memang terbukti dapat dijadikan produk pengganti pemanis sintetis dipasaran dengan harga lebih terjangkau dan kualitas yang lebih sehat tentunya.

Be the first to comment on "Tips Cara Budidaya Stevia"

Leave a comment