1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Sapi Bali


Sapi Bali merupakan salah satu jenis sapi yang paling diminati mengingat sapi jenis ini memiliki tulang yang relatif lebih kecil, namun memiliki presentase daging yang jauh lebih tebal dibandingkan sapi jenis lainnya. Oleh karena itu, jika Anda berniat melakukan budidaya sapi, sapi bali merupakan salah satu jenis sapi terbaik yang dapat Anda coba budidayakan. Sapi ini sendiri, selain memiliki presentase daging yang melebihi sapi-sapi lain, juga diketahui merupakan jenis yang sangat bagus untuk digunakan dalam usaha penggemukan sapi. Jika Anda tertarik dan berniat melakukan budidaya sapi Bali, berikut adalah berbagai cara beternak sapi Bali yang bisa Anda ikuti.

Bagaimana Memilih Sapi Bali Untuk Dibudidayakan

Seperti dalam pembudidayaan jenis sapi lain, hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membudidayakan dapi Bali adalah memilih bibit sapi bali yang unggul. Untuk melakukannya, Anda bida mencoba memilih sapi yang tidak sering batuk serta di hidungnya tidak terdapat lendir karena kedua hal tersebut mendandakan sehat atau tidaknya sapi. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa kuku sapi Bali yang hendak Anda ambil juga tidak panas ketika Anda raba. Bukan itu saja, dalam memilih sapi Bali untuk dibudidayakan, sangat penting juga untuk memilih sapi parasit pada bulunya dan selain itu, memastikan untuk memilih sapi Bali yang tidak memiliki tanda mencret pada dubur juga tak kalah pentingnya.

Pembuatan Kandang dan Cara Budidaya Sapi Bali

Dalam beternak sapi Bali, ada berbagai cara ternak yang dapat Anda lakukan dan salah satunya yaitu membuat kandang terbaik untuk sapi tersebut. Untuk membuat sebuah kandang untuk sapi Bali, anda cukup membuat sebuah kandang sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menampung beberapa sapi sekaligus. Yakinkan juga untuk memuat kandang yang cukup kokoh sehingga ketika ketika ikatan sapi lepas, sapi tidak akan bisa kabur ke luar kandang. Cara pembuatan kandang sendiri, tentu bukan satu-satunya cara budidaya sapi Bali mengingat pemberian pakan juga termasuk salah satunya.

Anda bisa memberi sapi Bali yang Anda pelihara berbagai jenis pakan yang biasanya sering digunakan dalam pembudidayaan sapi jenis lain seperti berbagai jenis rumput-rumputan seperti rumput benggala, rumput raja, rumput gajah, dan mash banyak lagi lainnya. Selain memberikan berbagai jenis rumput pada sapi Bali Anda, tenti Anda juga harus memberi sapi tersebut vitamin sapi supaya perkembangannya bagus. Penggunaan vitamin akan berpengaruh besar pada pembesaran sang sapi. Tentu, selain pemberian pakan dan vitamin, masih ada lagi banyak hal penting dalam pembudidayaan sapi bali.

Pentingnya Pembibitan Dalam Pembudidayaan Sapi Bali

Seperti halnya dalam pembudidayaan sapi jenis lain, pembibitan juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembudidayaan sapi bali. Jika Anda melakukan pembudidayaan sapi Bali, melakukan program pembibitan akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan satu ekor sapi bali baru yang dapat Anda budidayakan bersama dengan sapi-sapi lainnya. Ketika hendak melakukan pembibitan, tentu saja, ada banyakteknik beternak cara yang dapat Anda lakukan seperti membiarkan sapi-sapi Anda berkembangbiak dengan sendirinya atau memilih sapi yang sudah bronst untuk Anda kembangbiakkan dengan sapi lain.

Ada berbagai cara pembibitan sapi bali dan jika Anda berniat membudidayakan sapi Bali, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari memelihara sapi jenis tersebut seperti besarnya kuantitas daging yang bisa Anda dapat dan masih banyak lagi.

Send to Kindle
More from Budidaya Ternak
Back to Top