Cara Budidaya Rumput Gajah

Tentu tidak terlalu sulit untuk menemukan rumput, karena tumbuhan jenis ini bisa dibilang tumbuh hampir di semua tempat secara liar dan tidak memerlukan pemeliharaan khusus. Nilai rumput pada hari ini tidaklah sekedar sebagai tanaman yang kurang diperhatikan, tetapi justru memiliki nilai jual lebih karena beberapa jenis rumput bisa berperan sebagai pelengkap taman dan makanan alami ternak. Salah satu jenis rumput yang saat ini sering dibudidayakan adalah rumput gajah mini. Rumput jenis ini sering dipilih sebagai penghias taman, karena penampilannya yang cantik dan mampu menyajikan suasana hijau yang alami. Selain itu teknik pemeliharaan rumput gajah tersebut bisa dibilang tidak rumit sama sekali. Karakteristik daun rumput jenis ini bagi banyak orang terlihat unik dan menarik. Meski begitu bukan berarti untuk mendapatkan suasana natural yang indah dan menyegarkan lantas begitu saja ditinggalkan tanpa proses perawatan dan pengaturan yang benar.

Rumput Gajah

Gambar Rumput Gajah

Karena permintaan pasar yang selalu tinggi, membudidayakan rumput jenis ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagi orang yang berminat tentu ia memerlukan pengetahuan khusus tentang cara budidaya rumput gajah. Sebenarnya untuk membudidayakan rumput tersebut tidaklah terlalu sulit dan banyak sumber informasi yang membeberkan cara pembudidayaan rumput untuk penghias taman tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh informasi dibawah ini bisa memberikan gambaran tentang cara budidaya yang benar untuk rumput gajah mini.

Persiapan Lahan Untuk Budidaya Rumput Gajah

Hal penting pertama dalam membudidayakan rumput gajah mini adalah pengolahan lahan. Dalam teknik budidaya rumput gajah pengolahan lahan berperan penting karena bibit tidak bisa tumbuh dengan baik pada lahan yang tidak cocok. Lahan tempat pembudidayaan sebaiknya bersih dari gulma atau rumput liar. Bidang lahan yang datar sebaiknya agak miring ke lubang air agar air tidak menumpuk sehingga menyebabkan bibit menjadi busuk. Sebaiknya akar-akar rumput gulma juga dibersihkan agar tidak tumbuh lagi. Hal yang juga penting dalam cara tanam rumput gajah mini yang benar adalah tanah merah. Tanah jenis ini adalah media tanam yang terbaik untuk rumput tersebut. Setelah diratakan permukaan lahan ditutup dengan tanah merah sebelum memulai penanaman bibit. Tanah merah tersebut diratakan kembali dengan papan kayu agar kelak rumput yang ditanam tumbuh merata. Hal yang tidak boleh diabaikan adalah proses pemupukan. Untuk dasaran pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dengan rasion sekitar 1 ton per hektar. Proses pemupukan selanjutnya akan dilakukan 2 minggu setelah bibit ditanam dengan pupuk NPK dengan rasio 60 kg per hektar.

Permulaan Tanam Bibit dan Pemeliharaan Hingga Panen

Setelah lahan siap, cara menanam bibit rumput adalah secara menyebar. Pecah bibit menjadi banyak bagian (misal dua atau tiga bagian) lalu tanam secara memencar agar kelak rumput tidak tumbuh bergerombol. Pengaturan jarak tanam adalah prinsip penting dalam cara menanam rumput gajah agar kelak pemeliharaannya lebih mudah dan juga rumput yang tumbuh bisa lebih terlihat cantik. Prinsip cara tanam tersebut sebenarnya bisa dibilang cukup sederhana. Cara penanaman bibit adalah dengan konsep ujung daun pecahan bibit satu bertemu dengan ujung daun dari pecahan lainnya. Bila penanaman bibit selesai permukaan rumput kembali dipukul dengan papan kayu agar bibit tertanam lebih dalam. Sebaiknya ayakan rumput ditaburkan diatas bibit tanaman agar kelak lapisan tanah merah atau bagian permukaan yang subur tidak tersapu air ketika disiram atau ketika hujan. Tahap selanjutnya adalah penyiraman untuk menyingkirkan pasir dari rumput agar tidak busuk. Setelah beberapa waktu dimana lahan tanam tertutupi secara merata panen rumput gajahpun bisa dilakukan.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Rumput Gajah"

Leave a comment