1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Mahoni


Tanaman Mahoni

Tanaman mahoni yang memiliki nama latin Swietenia mahagoni jacq cukup dikenal di Indonesia karena pohon ini bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis. Tanaman ini berasal dari meliaceae familia. Pohon mahoni merupakan salah satu pohon dengan nilai tinggi dikarenakan banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh pohon ini. Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan bisa menghasilkan kayu mahoni keras yang digunakan untuk perabotan. Getah mahoni juga bisa digunakan sebagai bahan perekat. Selain pohon, buah mahoni juga memiliki manfaat, diantaranya bisa memperlancar peredaran darah. Pohon mahoni juga banyak digunakan untuk program penghijauan kembali di banyak wilayah di Indonesia untuk mendapatkan keasrian dan kesegaran udara yang dihasilkan dari lebatnya daun mahoni.

Kayu mahoni mulai dapat digunakan sebagai bahan kerajinan ketika umurnya telah mencapai 10 tahun. Sementara itu, cabang mahoni dapat dipergunakan untuk bahan bakar. Pada umur lebih dari 15 tahun, tanaman ini akan menjadi kuat. Pengambilan biji mahoni dilakukan setelah berumur 7 tahun. Bijinya berbentuk pipih, berwarna hitam atau coklat. Buah mahoni berbentuk bulat, berlekuk lima, dan berwarna coklat. Tanaman ini mengandung saponin dan flavonida.

Teknik Budidaya Mahoni

Hal pertama yang dilakukan dalam cara budidaya mahoni adalah pembibitan. Pengembiakan untuk mendapatkan bibit bisa dilakukan dengan cangkok, okulasi, atau melalui biji. Melalui biji adalah cara yang paling baik. Bibitmahoni ditanam dalam tanah yang dibungkus dengan plastik. Kemudian, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lapangan untuk penanaman mahoni. Dengan adanya lapangan penanaman yang memadai, maka pengawasan dan pengelolaan mahoni bisa dilakukan lebih mudah dan teratur. Areal penanaman dibagi menjadi blok-blok petak. Setelah itu, lapangan perlu dibersihkan dengan cara menebangi pepohonan sisa dan membiarkan pepohonan yang tidak boleh ditebangi kemudian membakar sampah yang berupa alang-alang, rerumputan, serta semak belukar. Setelah lahan siap, maka dilakukan pengolahan tanah. Tanah pada tempat yang padat dicangkul sedalam 20-25 cm. Tanah yang berupa bungkalan dihancurkan, sementara tanah pada jalur tanaman dibersihkan serta dihaluskan untuk dibuat menjadi lubang tanaman.

Teknik budidaya selanjutnya adalah penanaman dan pemeliharaan. Cara tanam dimulai dengan pengangkutan bibit dari tempat persemaian ke areal penanaman. Bibit harus disusun dengan sangat hati-hati sehingga tidak mengalami kerusakan. Waktu penanaman yang paling baik adalah pada musim penghujan. Jarak tanam juga harus diperhatikan agar tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu jauh. Cara menanam bibit mahoni adalah dengan menyobek plastik pembungkus tanah, kemudian bibit dimasukkan ke dalam lubang yang telah digali dan selanjutnya ditimbun kembali.

Pemeliharaan Mahoni

Pemeliharaan pohon mahoni dilakukan melalui teknik penyulaman, penyiangan, pendangiran, dan pemupukan. Penyulaman harus dilakukan pada tahun pertama selama musim penghujan berlangsung. Penyiangan dimaksudkan untuk membebaskan tumbuhan pengganggu. Hal ini sebaiknya dilakukan pada 2 tahun pertama. Pendangiran merupakan cara untuk menggemburkan tanah di sekitar mahoni menjadi selebar lubang tanam. Setelah kedua teknik tersebut, pemupukan dilakukan dengan menaburkan pupuk di sekeliling mahoni. Tanaman ini memerlukan air yang cukup dan kelembaban tanah yang terjaga. Kegiatan pemeliharaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pohon mahoni yang baik dan sesuai harapan.

Pohon mahoni biasanya diserang oleh hama dan penyakit layaknya tanaman lain. Hama dan penyakit dapat diberantas dengan cara membuang bagian tumbuhan yang terserang hama. Pemberantasan bisa pula dilakukan dengan menggunakan obat-obat kimia sehingga hama dan penyakit yang menyerang tanaman mahoni mati. Selain itu, tumbuhan mahoni sangat mudah terkena kebakaran sehingga pencegahan kebakaran juga harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan kandungan getah dalam pohon mahoni. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kebakaran adalah dengan membuat jalur sekat. Cara tersebut sangat membantu mencegah terhindarnya pohon mahoni dari ancaman kebakaran.

Send to Kindle
More from Budidaya Pohon
Back to Top