Cara Budidaya Buah Melon

Melon adalah salah satu jenis buah yang secara umum disukai oleh masyarakat. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah ini menjadi idola banyak orang, terutama pada waktu musim kemarau dimana udara terasa panas. Selain itu, buah melon juga memiliki aroma khas yang wangi yang membuat buah ini semakin terasa lezat ketika dinikmati. Bagi Anda sekalian yang hoby bercocok tanam, sungguh tidak ada salahnya jika Anda mencoba menanam buah melon di antara beberapa tanaman yang Anda miliki di halaman rumah maupun kebun di belakang rumah Anda. Terlebih lagi, tanah yang terdapat di Indonesia secara umum memiliki tingkat kesuburan yang sudah cukup bagus untuk menumbuhkan pohon melon.

Buah Melon

Gambar Buah Melon

Budidaya Melon

Cara menanam melon terbilang cukup sederhana. Kita tinggal mengambil beberapa biji dari bagian tengah buah melon dan meletakkannya di tanah yang telah kita gemburkan dan diberi air terlebih dahulu. Selanjutnya tinggal kita biarkan saja hingga biji-biji tersebut tumbuh menjadi pohon melon. Kemudian kita tinggal merawatnya dengan memberikan air secara rutin hingga pohon melon tersebut tumbuh semakin besar dan berbuah. Sementara itu, budidaya melon juga bisa menjadi sebuah peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan sangat besar, mengingat melon adalah buah yang sangat digemari. Namun cara budidaya melon tentu tidak sama dengan cara menanam pohon melon yang hanya dijadikan sekedar hoby. Untuk bisa berhasil, kita dituntut untuk memfokuskan diri dalam budidaya tersebut dan juga mengetahui teknik-teknik yang benar dalam menanam melon. Berikut di bawah ini akan sama-sama kita pelajari teknik budidaya melon yang benar dan efektif.

Tips Budidaya Melon

Sebelum memulai budidaya melon, alangkah baiknya jika kita pelajari dahulu beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk menjalankan usaha ini dengan baik dan lancar. Tips yang pertama yaitu bahwa kita harus terlebih dahulu memiliki keinginan atau kecintaan untuk membudidayakan buah melon ini, sehingga ketika bekerja nanti kita bisa sepenuh hati dan tidak hanya sekedarnya saja. selanjutnya, kita harus menyiapkan lahan yang bagus, yakni memiliki tanah yang subur dan cukup luas untuk usaha budidaya buah melon yang akan kita lakukan. Selanjutnya, kita sebaiknya telah mencari tahu beberapa hal dasar dalam menjalankan usaha budidaya melon ini, seperti di mana kita bisa mendapatkan bibit untuk ditanam, di mana kita bisa mendapatkan pupuk yang pas untuk tanaman melon, dan juga bagaimana kita akan memasarkan hasil dari budidaya kita nantinya. Tips yang terakhir, yang juga sangat penting, yakni mempelajari bagaimana teknik budidaya melon yang baik dan benar, yang meliputi cara pembibitan, cara tanam, cara pemeliharaan, dan juga cara panen.

Cara Pemilihan Lahan untuk Budidaya Melon

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya yakni pemilihan lahan. Lahan yang paling baik untuk menumbuhkan tanaman melon yakni lahan yang terletak di ketinggian antara 300 hingga 1000 mdpl. Sementara air atau curah hujan yang diperlukan idealnya yakni sekitar 2000 hingga 3000 mm per tahun. Tanaman melon memerlukan sinar matahari yang cukup lama, yakni sekitar 10 hingga 12 jam per hari. Kemudian untuk kelembaban udara, akan sangat baik jika lahan yang dipakai untuk budidaya ini memiliki kelembaban udara sekitar 75%.

Pembibitan Buah Melon

Untuk pembibitan, kita bisa menggunakan plastik-plastik polybag yang disusun sedemikian rupa. Selanjutnya, jika telah ada biji-biji yang mulai tumbuh, maka kita pindahkan mereka ke dalam kantong-kantong plastik polybag. Sebelum ditanam di lahan yang telah kita persiapkan sebelumnya, bibit melon terlebih dahulu akan ditumbuhkan di dalam polybag hingga beberapa hari. Biasanya, tanaman melon akan siap dipindahkan untuk di tanam di atas lahan ketika telah mencapai usia lebih kurang 10 hari.

Teknik Menanam Buah Melon

Faktor penting selanjutnya yang harus kita mengerti dalam menjalankan usaha budidaya melon ini yaitu teknik menanam melon di atas lahan dengan baik dan benar. Penanaman tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kita harus membuat pola garis yang rapi sehingga usaha budidaya kita ini bisa lebih mudah dan lancar. Untuk bibit melon yang telah berusia sekitar 10 hari, bisa mulai kita pindahkan ke atas lahan yang telah kita atur. Untuk waktu penanaman, saat yang paling tepat untuk menanam buah melon yakni pada waktu musim kemarau. Kita perlu mengatur jarak tanam dengan baik, yakni sekitar 70 x 60 cm. Untuk cara menanam, kita buat dulu lubang-lubang di lahan tersebut dengan kedalaman sekitar 8 cm, kemudian kita tanam pohon-pohon melon yang telah siap tanam di dalamnya. Selanjutnya, tanaman melon harus terus dirawat dengan memberikan pupuk dan mengairi lahan. Ketika pohon melon telah berbuah, maka kita harus menseleksi buah yang tumbuh dan menyisakan 2 atau 3 buah saja supaya buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang maksimal. Biasanya, pada umur sekitar 3 bulan setelah masa tanam, melon sudah bisa dipanen.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Buah Melon"

Leave a comment