Mengenal Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu

Bagi Anda pecinta buah mangga gedong gincu, pastinya anda tertarik dengan cara budidaya mangga gedong gincu. Ya, mangga ini sangatlah berbeda dari jenis mangga lainnya karena buahnya sangat lezat dan manisnya pas. Wanginya pun sangat menggoda sekali untuk segera disantap. Tapi, untuk bisa menghasilkan mangga gedong gincu yang baik dan berkualitas membutuhkan cara tepat dan juga teknik budidaya yang bagus. Seperti halnya inti dari bercocok tanam, konsistensi anda sangat dibutuhkan sekali.

Buah mangga gedong gincu ini sangat diminati banyak orang baik itu pasar lokal maupun internasional seperti Cina dan Jepang. Prospek pasar yang sangat baik inilah yang membuat buah mangga gedong gincu ini sangat banyak diminati. Untuk menghasilkan buah mangga yang lezat dengan kualitas yang baik, ada beberapa cara budidaya yang perlu diperhatikan. Dan mereka adalah;

Syarat Tumbuh

Mengapa syarat tumbuh? Hal ini karena memang tempat sangatlah penting dalam bercocok tanam dan akan menghasilkan buah mangga gedong gincu yang baik dan hasil panen melimpah jika pohon buah mangga ini ditanam pada lahan yang tepat meluputi beberapa kriteria. Sebaiknya pohon mangga ini ditanam pada dataran rendah dengan ketinggian 0-500m diatas permukaan laut.

Untuk curah hujannya sendiri adalah sekotar 1000mm/ tahun dengan bulan kering yang mencapai 3-6 bulan. Kebutuhan akan sinar matahari sangatlah krusial untuk hasil yang maksimal. Untuk ph tanah, sebaiknya dengan 5.5-6.5 dan memiliki struktur tanah yang berpasir dengan suhu optimum diantara 24-27 derajat celcius.

Cara Penanaman

Lahan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam penanaman, untuk itu area tanah harus diperhatikan dan dipilih secara seksama. Pembersihan lahan juga penting karena gulma dan lainnya yang mungkin mengganggu pertumbuhan tanaman harus benar-benar dibersihkan. Jarak tanaman bisa saja bervariasi dan biasanya menggunakan ukuran 5×5 meter. Untuk cara tanam, penggalian lubang tanam adalah sedalam 30cm dan tanahnya bisa dibiarkan disisi kanan.

Untuk teknik menanam sendiri, tanah yang tadinya diletakkan disisi kanan lubang bisa dicampur dengan pupuk kandang dengan rasio 1:1 setelah 1 bulan penggalian. Lalu masukkan dalam lugang galian dan masukkan benih yang anda beli kedalam titik lubang. Kemudian pastikan anda memberikan pupuk kandang.

Yang selanjutnya adalah pemeliharaan karena ini merupakan bagian penting dalam cara menanam bibit mangga gedong gincu. Hama adalah musuh utama dan penting sekali untuk mengetahui cara paling efektif untuk melawan serangan hama. Hal-hal yang perlu dilakukan adalah pengairang, pemangkasan, dan pengendalian gulma. Apabila hujan tidak turun saat diperkirakan, maka lebih baik segera menyiram tanaman. Untuk bulan Mei hingga Juni ketika tanaman sudah berusia 4-5 tahun, tidak perlu diberi air agar tanaman menjadi terangsang untuk berbunga. Apabila bunga sudah muncul, maka bisa segera disirami air agar buah yang dihasilkan nanti menjadi optimal.

Perhatikan masalah gulma dan hal lain yang mengganggu pertumbuhan tanaman seperti rumput dan ilalang serta tanaman parasit. Pembersihan itu penting dan bisa dilakukan dengan cara menyiangi ataupun memberikan semprotan pestisida. Namun menyiangi akan lebih baik supaya unsur hara tanah tetap terjaga.

Untuk masalah pemupukan, tentu Anda bisa mengikuti berbagai tips dalam memberikan pupuk pada tanaman buah mangga. Pupuk yang dibutuhkan adalah seperti pupuk kandang, kompos, NPK, Urea, KCI dan juga Super Nasa. Biasanya diberikan dengan cara memberikannya pada lubang dekat tanaman dengan dosis 30-40kg 2 tahun sekali yang diberikan tiap awal musim hujan dan juga setiap pertengahan tahun.

Pemangkasan dan Panen

Pemangkasan harus dilakukan secara teratur agar buah mangga yang dihasilkan bermutu tinggi. Pemangkasan bisa meliputi pemangkasan perawatan, pembuahan, dan juga pembuatan prim yang berarti pembentukan pohon. Anda akan melihat hasil yang berbeda dari pohon yang mendapatkan pemangkasan berkala dan yang tidak. Belajar mengenai cara pembibitan juga akan sangat membantu.

Untuk panen sendiri, sangat mudah menentukan mana yang sudah tua dan yang belum. Pada produksi pertama biasanya tanaman mangga ini akan menghasilkan 10-15 buah. Bentuk buah biasanya sudah padat dan berisi serta tangkai buah telah mengering. Kulit buah pun telah tertutup lapisan lilin yang berwarna keputihan dengan lentisel pada kulit buah yang terlihat lebih besar. Dan jika dicelupkan dalam air, buah tersebut akan tenggelam. Nah, inilah saatnya anda bisa memetik buah mangga gedong gincu.

Be the first to comment on "Mengenal Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu"

Leave a comment