1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Lumut dengan Mudah


Lumut merupakan jenis tanaman yang paling sering dijumpai pada tempat yang lembab dan paling sering terkena air. Lumut banyak hidup pada sebuah lingkungan yang berair yang ada di permukaan bumi. Lumut dapat hidup di paparan sinar matahari yang cukup.

Manfaat Budidaya Lumut

Lumut juga dapat hidup di air tawar. Lumut banyak digunakan untuk memancing. Selain itu, lumut juga bisa digunakan sebagai bahan panganan. Karena lumut banyak mempunyai manfaat, maka lumut saat ini seringkali menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan.

Cara budidaya lumut yang mudah membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya dan menjadikan lumut sebagai peluang bisnis yang lain. Budidaya tumbuhan lumut ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Terdapat dua macam cara budidaya lumut.

Cara Budidaya Lumut

Cara pertama yaitu dilakukan dengan cara terbuka, dimana tanaman lumut dapat ditanam ditempat terbuka. Menanam lumut ditempat terbuka dan juga ekstensif bisa dilakukan seperti pada perairan air tawar, sebuah danau, kolam atau kanal.

Sedangkan cara kedua yaitu dengan cara tertutup. cara tertutup biasa dilakukan pada naungan kolam, kanal atau bak yang menggunakan media plastik atau mengatur pada suplai nutrisi.

Terdapat cara tertutup lain yaitu dengan cara photobioreactor. Cara ini tebilang jauh lebih efisien karena dikembangkan dengan cara yang terbilang unik, yaitu lumut dikembangkan pada sebuah tangki reaktor dan diberi tambahan energi buatan.

Media Budidaya yang Simple

Teknik budidaya lumut tidak memerlukan banyak media dan bahan. Budidaya lumut terbilang sangat simple. Bagi Anda yang tertarik dengan tanaman ini, Anda dapat membudidayakannya dirumah Anda. Anda hanya menyiapkan beberapa hal simple yang dibutuhkan.

Dalam membudidayakan lumut beberapa hal yang harus Anda siapkan seperti tempat tanam, Anda dapat menggunakan pot dan juga Moss. Selain itu, siapkan juga pasir vulkanik dan campuran tanah, pupuk dan juga humus. Agar mendapat hasil pasir yang baik, sediakam juga ayakan pasir.

Sediakan kuas berukuran sedang dan juga media lumut sebagai media utama. Anda dapat memakai beragam lumut seperti lumut sawah. Pastikan semua hal tersebut terpenuhi.

Cara Menanam Lumut

Pertama-tama Anda dapat sediakan pot yang telah diberi Moss dibagian bawah pot. Pada bagian atas moss, taburi lapisan pasir vulkanik dengan merata. Pastikan semua bagian pot terjangkau. Kemudian, pada bagian atasnya, lapisi dengan campuran tanah tersebut yang sudah dihaluskan menggunakan ayak pasir.

Siram media tersebut dan gunakan sprayer untuk melekatkan lumut. Tanamkan lumut yang telah tersedia pada bagian kontur yang telah Anda buat sebelumnya setelah memberi media tanah. Beri pasir vulkanik pada bagian potongan lumut.

Dengan menggunakan kuas, cocok pasir yang telah ditabur untuk mengisi rongga pada sambungan antar potongan lumut. Semprot dengan menggunakan sprayer pada bagian lumut yang baru ditanam tersebut. Bersihkan tanaman pot dan tempatkan pada tempat lembab yang cukup baik.

Pemeliharaan Lumut

untuk memelihara lumut juga terbilang sangat mudah. Tentu Anda ingin menjaga hasil tanaman Anda dengan baik bukan setelah tanaman lumut tersebut dicabut dari asalnya? Karena kebanyakan setelah lumut dicabut, tanaman akan tersebut mati.

Cara yang paling ampuh ialah dengan membersihkan kotoran dan lumpur pada lumut tersebut. Peras lumut tersebut sampai kering. Urai tanaman tersebut menjadi bagian-bagian kecil lalu bungkus dengan koran atau kertas untuk menjaga kelembabannya. Setelah itu, Anda dapat mencucinya secara berkala.

←More from Budidaya

↑ Back to Top