Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Berikut ini ada info menarik seputar cara ternak lobster air tawar yang mudah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan pembenihan yang tepat untuk menghasilkan bibit anakan lobster yang berkualitas dengan ukuran 2 inchi. Cara budidaya yang bisa anda lakukan adalah menyiapkan induk yang berkualitas dan kebal terhadap serangan penyakit. Si induk juga tidak boleh berasal dari perkawinan sedarah karena nantinya akan mengasilkan lobster yang berkelamin ganda atau disebut sebagai intersex. Lobster yang berkelamin jantang harus dipisahkan dengan lobster yang berkelamin betina. Teknik budidaya yang satu ini akan mencegah lobster melakukan perkawinan dini nantinya.

Teknik Beternak Lobster Air Tawar

Teknik beternak lobster air tawar ini juga membutuhkan segmen pembenihan yang tepat. Dibutuhkan tempat pembesaran dengan ukuran 50 cm x 50cm dan tinggi air maksimal adalah 30 cm. Atap dari wadah penampungan tersebut juga harus dipastikan tertutup. Kemudian, masuk ke tahap cara beternak dengan mengawinkan lobster jantan dan betina. Disini diperlukan sbeuah kolam yang memiliki ukuran 1 m2. Hal ini sangat penting agar kapasitas dari kolam tersebut juga nantinya tidak terlalu besar dan mengurangi lobster yang ingin pilah-pilih pasangan. Disini kolam yang disediakan juga bebas tergantung selera peternak, anda bisa memilih kolam yang terbuat dari semen atau memilih aquarium. Dengan menggunakan media yang tepat itulah nantinya anda kaan bisa menghasilkan anakan berukuran 2 inchi yang sangat bagus kualitasnya.

Persiapan Pakan dan Bibit Lobster Air Tawar

Untuk pakan yang harus anda pilih bagi si lobster adalah pakan berupa cacing sutera, cacing beku dan lain sebagainya. Jika anda berniat untuk memelihara lobster tawar, suhu dan tempat perkembangbiakan lobster ini harus diperhatikan. Suhu yang harus disediakan untuk tempat lobster ini adalah 26 hingga 31 derajat celcius. Pastikan juga terdapat kandungan oksigen terlarut didalamnya yaitu sekitar 3 hingga 5 ppm. PH air juga harus diperhatikan yaitu memiliki PH 6 hingga 8,5. Ini adalah patokan rata-rata yang harus anda siapkan untuk membudidayakan lobster air tawar yang dimiliki.

Anda juga harus memilih bibit yang unggul dimana cara untuk memilihnya telah dijelaskan diatas yaitu memilih bibit induk yang tidak lahir dari jenis lobster yang sedarah. Merawat lobster atau udang membutuhkan suplai oksigen yang cukup. Induk lobster jika mampu dibudidayakan dengan baik akan mampu menghasilkan 200 ekor telur dengan tingkat kematian hanya 15% saja. Satu hal yang harus anda ketahui adalah semakin sering seekor lobster melakukan perkawinan maka akan semakin banyak pula peluang dari lobster tersebut untuk bisa menghasilkan telur dengan jumlah yang sangat luar biasa. Mengapa jantan dan betina harus dipisahkan? Hal ini jelas dikarenakan lobster jantan akan bisa melakukan pembesaran dengan lebih mudah dibandingkan lobster betina.

Pembenihan dan juga pembesaran merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Dalam masa pembesaran 6 bulan, lobster akan bisa dipanen hingga berukuran 10 hingga 12 ekor untuk setiap kilogramnya. Lobster juga memiliki sifat kanibalisme yang tinggi dimana si besar akan memangsa si kecil jika mereka dicampurkan dalam satu wadah, untuk bisa menghindarkan hal tersebut, diperlukan sebuah media penghalang untuk setiap ekornya agar mereka tidak memangsa satu sama lagi. Itulah cara untuk mengembangbiakan lobster air tawar. Tentu saja diperlukan biaya untuk menyediakan segala macam perlengkapan budidaya lobster ini, jika anda mampu untuk melakukan semua prosesnya dengan benar, anda akan bisa menjadi petani lobster yang sukses.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Lobster Air Tawar"

Leave a comment