Cara Budidaya Lidah Buaya yang Tepat

Bagi anda yang ingin melakukan budidaya pada lidah buaya, berikut ini ada info mengenai cara budidaya lidah buata yang bisa anda lakukan. Pastikan untuk melakukan proses budidaya yang tepat agar bisa menghasilkan sesuatu yang berguna bagi anda nantinya. Lidah buaya sendiri tergolong sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat dan cara perawatan atau teknik budidaya juga tidak begitu sulit, yang harus anda lakukan adalah menanam tanaman yang satu ini ditempat yang bisa memberikan mereka cahaya alami. Ini diperlukan oleh mereka yang ingin mendapatakn sebuah tanaman lidah buaya yang berkualitas. Setidaknya mereka butuh 4 jam untuk menanam lidah buaya ini.

Lidah Buaya

Gambar Lidah Buaya

Teknik menanam lidah buaya ini bisa dilakukan dengan menggunakan pot yang memiliki media tanam dan media pengairan yang baik. Jangan lupa untuk memasukan campuran berupa tanah kebun, dan juga satu pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemilihan jenis pupuk juga harus berkualitas agar menghasilkan tanaman lidah buaya yang bagus juga nantinya. Cara tanam yang harus anda lakukan adalah dengan menyediakan media yang tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah. Hal ini jelas dikarenakan tanaman tersebut adalah berjenis succulent. Maka sebaiknya jangan terlalu sering disiram dengan air agar tidak mengganggu proses pertumbuhannya.

Cara Menanam Lidah Buaya

Cara menanam tanaman lidah buaya juga harus diperhatikan, yaitu tanah dan pasir yang ada pada pot harus dipastikan tetap kering sebelum disiram. Jangan lupa untuk menyediakan pot yang memiliki lubang pada bagian bawahnya sehingga air akan bisa mengalir dengan mudah. Proses penanaman yang harus dilakukan juga tidak boleh sembarangan, jangan langsung memberikan pupuk pada tanaman yang baru dimasukan pot hingga akhir dari tahun pertama, kemudian, anda juga harus menunggu hingga tahun berikutnya untuk bisa memberikan pupuk kepada tanaman yang satu ini. Perhatikan juga suhu yang dibutuhkan untuk tanaman yang satu ini. Pada saat siang hari, lidah buaya membutuhkan suhu 68-72 derajat farenheit dan untuk malam hari, tanaman ini membutuhkan suhu 50 derajat farenheit sampai dengan 55 derajat farenheit.

Cara Melakukan Pembibitan dan Pemupukan

Pemilihan pupuk untuk tanaman ini juga ada dua pilihan yaitu pupuk kompos atau pupuk kandang, memberikan salah satu dari kedua pupuk tersebut sangat dianjurkan untuk bisa membuat tanaman lidah buaya anda berkembang biak dengan baik, namun ingat untuk tidak langsung memberikan pupuk ini di tahun pertama. Kemudian pupuk yang anda berikan juga harus pupuk yang alami, bukan pupuk yang berasal dari pabrik. Karena itulah pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos dianjurkan disini. Jangan terlalu lama memberikan sinar matahari ke tanaman yang satu ini karena nantinya lidah buaya tersebut akan berubah warnanya menjadi cokelat dan tentu saja ini akan merusak penampilan dari tanaman tersebut.

Proses pembibitan yang harus anda lakukan adalah di sebuah tempat yang memiliki cahaya yang baik dan juga suhu yang cukup pula. Dengan memperhatikan dua faktor ini, tanaman lidah buaya akan bisa dibudidayakan dengan mudah. Cara memelihara yang anda lakukan juga akan menghasilkan tanaman yang bagus jika anda telaten dan sabar dalam membudidayakannya. Tanaman lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang memiliki warna hijau muda atau hijau pucat yang bagus. Biasanya tanaman yang satu ini juga memiliki daun yang berbintik putih pada bagian belakangnya. Itulah teknik budidaya lidah buaya yang bisa anda lakukan.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Lidah Buaya yang Tepat"

Leave a comment