Cara Budidaya Lebah Madu

Melakukan aktivitas beternak lebah madu sangatlah menarik dan menguntungkan untuk dilakukan mengingat lebah madu merupakan salah satu komditas yang mampu menghasilkan madu yang berguna dan nantinya bisa diolah oleh peternaknya. Berikut ini ada info mengenai cara ternak lebah madu yang benar. Apa saja yang harus diperhatikan dalam cara budidaya lebah madu? Pertama anda harus memperhatikan pemilihan bibit unggul yang dimilikinya. Teknik budidaya dengan cara selektif dalam memilih bibit unggul akan membuat lebah anda bisa menghasilkan madu yang memiliki kualitas super dan sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sesuatu yang berguna.

Teknik Beternak dan Pemilihan Pakan Lebah Madu

Pertama, teknik beternak pemilihan bibit lebah madu unggul yang harus anda lakukan adalah memiliki ratu lebah yang memiliki fisik yang bagus dan memiliki usia produktif yaitu 3 bulan sampai dengan satu tahun. Cara beternak yang harus dilakukan juga tidak begitu sulit, siapkan 100 kotak lebah madu – ini jumlah minimal yang harus dimiliki oleh para peternak lebah madu -. Kemudian gembalakan lebah madu anda di sebuah lokasi yang menurut anda bisa menghasilkan pakan yang cukup banyak untuk mereka. Biasanya ini bisa didapatkan di sebuah tempat yang berbentuk seperti taman bunga sehingga lebah madu anda bisa mencari makan dengan mudah. ini merupakan tips yang harus anda lakukan karena dengan memberikan mereka tempat yang bagus, sang ratu akan bisa berkembang biak dengan baik.

Memilih pakan untuk lebah ini juga tidak begitu sulit, cukup anda lakukan langkah pemilihan tempat seperti yang dijelaskan diatas. Untuk bisa memelihara lebah madu dengan baik, calon ratu harus ditempatkan di koloni lebah madu yang baru agar tingkat produktivitasnya bisa meningkat. Bagaimana cara untuk membuat calon ratu lebah? Pertama, ambil larva lebah madu yang baru menetas atau masih berusia satu hari. Kemudian masukan calon ratu tersebut dalam satu potong frame royal jelly. Dalam wadah ini sudah harus terisi larva lebah madu dengan minimal ketinggian dua tingkat.

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Lebah Madu

Untuk bisa mendapatkan hasil panen yang lebih baik, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, dimana salah satunya adalah cuaca. Bulan yang baik untuk mengembang biakan lebah madu ini adalah bulan Mei hingga September, jadi manfaatkan momen di bulan ini untuk beternak lebah madu sebanyak mungkin. Pilihlah harga bibit yang harganya mahal sehingga kualitasnya bisa terjamin, namun jika anda bisa mendapatkan bibit yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau, silahkan anda memilih bibit tersebut. Ingat yang paling penting dalam pemilihan bibit adalah kualitasnya. Semakin bagus kualitas dari bibit yang anda beli, semakin besar tingkat produktivitas lebah madu yang akan bekerja untuk anda nantinya.

Mengembangbiakan lebah umumnya banyak terjadi di pulau jawa. Mengembalakan lebah ini biasanya dilakukan di tempat yang outdoor seperti perkebunan karet, kapuk, rambutan, lengkeng dan lain sebagainya. Alhasil, madu yang nantinya akan dihasilkan oleh sang lebah akan berbeda tergantung dari spesifikasi dan jenis bunga yang mereka hisap sarinya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, biasanya bulan Mei hingga September, para peternak akan bisa menikmati manisnya pendapatan dari lebah madu tersebut. Madu yang mereka hasilkan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satu kendala yang muncul dari peternak lebah madu adalah cuaca yang tidak menentu sehingga tanaman yang menjadi pakan dari lebah ini tidak bisa tumbuh dan membuat mereka kesulitan untuk mencari makan dan menghasilkan madu nantinya.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Lebah Madu"

Leave a comment