1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Kubis


Anda pasti kenal dengan sayuran yang bernama kubis. Tahukah anda bahwa proses cara budidaya tanaman yang satu ini ternyata tidak begitu sulit untuk dilakukan? Teknik budidaya yang harus anda lakukan juga cukup sederhana yaitu hanya dengan mengetahui syarat tumbuh bagi tanaman ini, kemudian pengelolaan air dan tanah yang dimilikinya, dan poin terakhir yang tidak kalah pentinnya adalah persiapan lahan. Berikut ini adalah cara tanam yang baik untuk anda yang ingin membudidayakan kubis. Pertama, tanaman ini akan berproduksi dengan baik jika anda menanamnya di ketinggian 800 m d.pl. Curah hujan yang dimiliki oleh tempat yang anda pilih juga harus cukup dengan temperature udara yang tidak terlalu panas yaitu sekitar 15 hingga 20 derajat celcius.

Proses Penanaman Bibit

Untuk cara menanam tanaman kubis ini, siapkanlah jarak tanam jarang sebesar 70 x 50 cm atau jarak tanam rapat yaitu 60 x 50 cm. Persiapan untuk penanaman tanaman kubis ini dilakukan di lahan yang telah dicangkul dan dibajak sedalam 20 sampai dengan 30 cm. Setelah itu anda harus memberikan Dolomit atau CAPTAN pada saat fase persemaian. Media persemaian yang anda lakukan bisa juga dengan menggunakan campuran tanah dengan pupuk kompos yang telah halus dengan perbandingan 1 : 1. Benih yang akan disebarkan nantinya sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam air yang hangat selama 1 jam dan kemudian diangin-anginkan.

Proses penanaman bibit ini bisa dilakukan untuk bibit yang telah berumur 3 sampai 4 minggu dan memiliki 4 sampai dengan 5 daun yang telah siap untuk ditanam. Perawatan pada bagian pohon kubis ini juga harus dilakukan secara berkala, caranya dengan memberikan pupuk. Pastikan untuk memilih bibit yang segar dan sehat yang kemudian anda tanam didalam lubang tanam yang telah tersedia sebelumnya. Kemudian apabila anda menyemai bibit pada bambung dan pisang, anda bisa langsung menanamnya bersama bumbungnya. Namun jika, anda menyemai dengan menggunakan polybag plastic, pastikan untuk mengeluarkan bibit dari polybagnya terlebih dahulu baru setelah itu anda tanam.

Mencegah Kubis dari Serangan Hama

Anda baru akan bisa menikmati panen buah kubis setelah berumur 81 hingga 105 hari. Perhatikan pula untuk melindungi tanaman kubis yang anda tanam dari serangan hama yang merugikan. Serangan hama ini tidak hanya akan bisa merusak tanaman yang anda miliki namun juga bisa menyebabkan anda mengalami gagal panen. Hama tersebut akan menyebabkan terjadinya memar dan luka pada tanaman kubis anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengamatan setiap minggunya terhadap serangan hama ke tanaman ini. Selalu lakukan sanitasi lingkungan yang tepat agar hama yang menyerang tanaman kubis anda bisa dikendalikan dan dimusnahkan.

Salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh tanaman ini adalah penyakit busuk lunak dan juga busuk hitam. Apabila kubis bunga atau daunnya terinfeksi oleh penyakit yang satu ini, maka anda harus membuang bagian yang terinfeksi tersebut agar tidak menyebar kemana-mana. Ciri kubis yang siap panen juga harus anda ketahui. Kubis yang siap panen adalah kubis yang tepi daun kropnya sudah melengkung keluar dan memiliki warna agak keungunan. Krop pada bagian dalam sendiri juga harus dalam keadaan sudah cukup padat agar anda tidak kesulitan untuk melakukan pemanenan. Jangan lupa untuk menyertakan dua helai daun hijau untuk melindungi bagian krop pada tanaman ini. Itulah langkah mudah dalam pembudidayaan kubis.

Send to Kindle
More from Budidaya Sayuran
Back to Top