1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Kopi Robusta


Apa Itu Kopi Robusta?

Banyak sekali yang sudah paham mengenai fungsi kopi bagi kesehatan tubuh maupun hanya sebagai penunjang aktifitas dan meningkatkan stamina. Banyak sekali jenis kopi yang dapat diolah dan dibudidayakan tentunya. Yang menjadi topik pembahasan disini adalah mengenai salah satu jenis favorit banyak orang diseluruh dunia yaitu kopi robusta. Bila dibandingkan dengan kopi arabika, robusta memerlukan lebih sedikit pestisida dalam cara budidaya kopi tersebut namun memiliki kandungan kafein yang lebih banyak.

Pilihan Lahan Budidaya Kopi Robusta

Karena banyak yang tertarik untuk mengaplikasikan teknik budidaya kopi robusta sekarang ini, informasi mengenai bagaimana menanam dan mengolah kopi robusta dengan benar amat diperlukan tentunya. Yang menjadi pertimbangan pertama kali adalah mengenai pilihan lahan yang anda gunakan dalam membudidayakan kopi robusta. Lahan perbukitan tentu lebih cocok untuk menanam kopi robusta dibandingkan lahan rumahan bukan?

Suhu Yang Tepat Untuk Budidaya Kopi Robusta

Segala jenis penanaman komoditas tertentu pasti amat dipengaruhi yang namanya suhu atau iklim lingkungan dimana anda menanam komoditas tersebut terutama kopi robusta. Sebelum mempelajari teknik menanam kopi robusta, anda perlu tahu suhu yang tepat yaitu berkisar 75° F. Sebenarnya kopi robusta dapat mentoleransi suhu sebesar 50° saja. Namun pasti perkembangannya tidak akan menunjukkan hasil yang memuaskan.

Pemerolehan Bibit Berkualitas

Bila membicarakan mengenai bercocok tanam kopi robusta, pasti penting untuk mempertimbangkan dari mana anda mendapatkan bibit kopi robusta tersebut. Yang dapat anda lakukan adalah dengan membelinya dari penjual bibit disekitar tempat anda tinggal maupun memesan secara khusus dari perkebunan kopi robusta yang sudah terkenal. Semakin baik bibit yang digunakan pasti akan semakin berkualitas kopi robusta yang anda panen nantinya.

Perlunya Sinar Matahari

Salah satu aspek penting dalam cara tanam kopi robusta adalah dengan memperhatikan perlunya sinar matahari dalam proses pematangan tanaman tersebut. Banyak yang bilang bahwa perlu dilakukan filterisasi sinar matahari guna memberikan pertumbuhan yang lebih maksimal. Namun ada juga yang bependapat bahwa sinar matahari yang langsung dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Fertilisasi Kopi Robusta

Selain asupan sinar matahari yang bagus, anda perlu juga memperhatikan mengenai bagaimana anda melakukan fertilisasi pada tanaman kopi robusta yang sudah anda tanam. Yang saya maksud adalah mengenai pentingnya pemupukan. Biasanya pemberian pupuk buatan dilakukan pada musim hujan dan 2x dalam setahun yaitu pada awal dan akhir musim tersebut. Banyak yang sudah paham cara menanam kopi robusta namun sering lupa pentingnya fertilisasi.

Panen Kopi Robusta

Bila berkaitan dengan proses panen, anda takkan mengalami kesulitan tentunya karena memang segala jenis kopi memiliki cara panen yang sama yaitu dengan memetik buah yang sudah masak dari tanaman kopi tersebut. Sebuah tips yang dapat anda gunakan adalah dengan menyewa bantuan pekerja guna melakukan pemanenan kopi robusta. Tujuannya adalah karena aspek efisiensi.

Budidaya Kopi Robusta di Rumah

Selain melakukan penanaman pada lahan perbukitan, anda dapat pula melakukan penanaman pada lahan yang ada dirumah anda. Namun tentu saja menanam kopi robusta di lahan rumahan memerlukan usaha yang berbeda dan lebih menantang tentunya bila dibandingkan proses penanaman pada lahan perbukitan atau perkebunan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan?

Penumbuhan Bibit Kopi Robusta

Yang menjadi tantangan utama dalam budidaya tanaman kopi robusta adalah mengenai bagaimana anda menumbuhkan bibit kopi robusta dengan sukses dan sempurna. Hal ini dikarenakan banyak sekali hambatan yang anda akan alami dalam membuat proses penanaman kopi robusta menjadi sempurna. Hal yang perlu anda perhatikan adalah semakin lama proses pemilahan bibit maka akan semakin sedikit kemungkinan untuk membuat bibit kopi tersebut terkontaminasi wabah.

Pemilihan Bibit Kopi Robusta Lahan Rumah

Sudah tentu sebelum melakukan penanaman pohon kopi robusta, anda harus terlebih dahulu melakukan pemilihan bibit yang nanti anda gunakan dalam budidaya kopi robusta. Cara yang paling mudah yang dapat anda aplikasikan dalam memilih bibit kopi robusta adalah dengan merendamnya pada air. Cara ini juga diperlukan untuk memunculkan terlebih dahulu buntalan putih yang menunjang proses pertumbuhan kopi robusta terutama pada lahan rumah.

Penanaman Kopi Robusta Lahan Rumah

Setelah menemukan bibit yang berkualitas, tiba saatnya untuk proses penanaman. Yang perlu anda ketahui adalah perlunya menggunakan pot sebagai media penanaman sedalam satu setengah inci. Setelah penanaman, anda perlu untuk menyiramnya dengan air dan menutup sementara pot tersebut dengan bungkus plastik.

Pemotongan Bagian Kopi Robusta

Setelah melakukan penanaman kopi robusta pada lahan rumah, anda perlu melakukan pemupukan seperti layaknya kopi robusta yang ditanam di lahan perbukitan. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu mengenai pemotongan bagian dari kopi robusta yang dilakukan khususnya untuk memancing pertumbuhan kopi robusta untuk lebih baik.

Perawatan Kopi Robusta Lahan Rumah

Selain pemupukan dan penyiraman, anda perlu juga melakukan teknik perawatan kopi robusta yang hanya diaplikasikan pada lahan rumahan yaitu mengenai aspek penempatan. Yang perlu anda lakukan adalah dengan menempatkan pot kopi robusta tersebut berada didekat jendela ataupun tempat lain yang terjangkau sinar matahari. Jangan biarkan kopi robusta anda kekurangan sinar matahari yang mana dapat menghambat pertumbuhan kopi tersebut.

Send to Kindle
More from Budidaya Tanaman
Back to Top