1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Kopi Arabika


Syarat Tumbuh

Bagi anda penggemar kopi tentu saja sudah mengenal tentang salah satu jenis kopi paling populer yaitu kopi arabika. Karena aspek keuntungan dan meningkatnya permintaan dipasaran, banyak yang mulai tertarik tentunya untuk mengetahui cara budidaya kopi arabika. Yang pertama perlu diketahui adalah persyaratan tumbuh kopi arabika yaitu dengan lahan terletak pada tinggi sekitar 700 hingga 1500 m dpl.

Persiapan Lahan

Sudah tentu bila ingin mengaplikasikan teknik budidaya kopi arabika yang tepat, aspek persiapan lahan harus benar-benar diperhatikan. Pastikan lahan memiliki kualitas tanah yang subur dan juga memiliki luas yang cukup guna membudidayakan kopi tersebut. Semakin berkualitas lahan yang anda gunakan untuk budidaya kopi arabika maka akan semakin bagus hasil yang akan diperoleh saat panen.

Pembibitan Kopi Arabika

Aspek kedua yang perlu dipertimbangkan dalam pembudidayaan kopi arabika sebelum membahas mengenai teknik menanamadalah mengenai pembibitan. Ada dua cara yang dapat diaplikasikan terkait dengan pembibitan yaitu dengan cara generatif dan juga vegetatif. Sebenarnya tidak masalah cara pembibitan mana yang anda pilih karena memang kopi arabika dapat melakukan penyerbukan secara sendiri.

Penanaman Kopi Arabika

Yang perlu dibahas berikutnya adalah mengenai cara bercocok tanam kopi arabika. Saat yang paling tepat untuk menanam kopi arabika adalah pada waktu musim hujan yang berkisar pada bulan-bulan November hingga Desember. Perhatikan pula jarak dalam menanam tanaman kopi tersebut yaitu 2.5 m x 2 m didalam kapasitas populasi 2000 ph/Ha.

Pengolahan Tanah Lahan Kopi Arabika

Bila membicarakan mengenai cara tanam kopi arabika, maka pengolahan tanah juga amat diperlukan untuk menunjang kualitas tumbuh kopi tersebut. Yang harus anda tahu adalah mengenai perlunya membuat rorak yang mana berfungsi sebagai tempat penampungan pupuk yang nanti digunakan untuk menyuburkan tanaman kopi arabika anda.

Pengontrolan Gulma

Sebaik apapun cara menanam kopi arabika yang anda terapkan, pasti selalu ada resiko tanaman kopi arabika anda mengalami masalah hama atau gulma. Cara penanganan yang tepat dalam mengatasi gulma tanaman kopi arabika adalah dengan menerapkan metode kimia yang dianjurkan oleh ahli perkebunan disekitar anda. Intensitasnya adalah 4x dalam setahun.

Pemupukan Kopi Arabika

Sebuah tips yang dapat anda gunakan untuk menyuburkan tanaman kopi arabika yang anda tanam adalah dengan menerapkan metode pemupukan yang sesuai. Mengenai intensitas pemupukan, anda dapat melakukannya 3x dalam setahun yang biasanya dilakukan pada bulan Februari, April, dan Nopember.

Pemangkasan Kopi Arabika

Dalam proses penanaman kopi arabika, nantinya anda perlu juga paham mengenai pentingnya proses pemangkasan. Tujuan dari proses pemangkasan tersebut adalah untuk menghasilkan cabang kopi Arabia yang lebih produktif dan subur. Pastikan juga bahwa tanaman kopi arabika anda terbebas dari yang namanya tunas air.

Mengatasi Hama Tanaman Kopi Arabika

Masalah hama paling umum yang sering muncul pada tanaman kopi arabika adalah kutu hijau. Bila sudah mendekati pertengahan musim penghujan, anda pasti akan mengalami masalah hama yang sama. Mengenai cara mengatasi hama tersebut, anda dapat melakukan penyemprotan insektisida dengan kandungan yang tepat dan tidak membahayakan tanaman tersebut.

Urusan Panen Kopi Arabika

Setelah mahir dengan urusan penanaman dan perawatan pohon kopi arabika, yang perlu anda perhatikan kemudian adalah mengenai urusan panen. Pada umumnya panen dilakukan dengan memetik buah kopi yang sudah menunjukkan tanda masak yaitu berwarna kemerahan. Sistem rotasi panen adalah 12 hari. Pastikan lahan terbebas dari gulma dalam proses panen tersebut.

Urusan Lahan Budidaya Kopi Arabika

Walau anda sudah punya bibit kopi arabika yang berkualitas, akan menjadi sia-sia bila anda tidak punya lahan untuk menanam. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan kerjasama dengan pemilik lahan yang mana akan membiarkan anda membudidayakan kopi arabika dilahan mereka yang nanti profit yang diperoleh akan dibagi dua.

Perlukah Modal Pribadi?

Sudah tentu anda harus menyiapkan modal guna membiayai segala proses budidaya kopi arabika baik dalam membeli bibit,pemupukan, dan lain sebagainya. Yang menjadi pertanyaan adalah perlukan menggunakan modal pribadi? Bila anda punya banyak uang, tentu permodalan takkan menjadi masalah. Namun bila anda tak punya cukup uang, anda dapat meminjam dari bank dulu.

Perlukah Menyewa Pekerja?

Satu lagi yang perlu dipertimbangkan dalam berbudidaya kopi arabika selain perawatan dan lain hal sebagainya seperti diatas adalah mengenai perlu tidaknya menyewa pekerja. Jawabannya mudah dan tergantung pada luas lahan yang anda kelola. Semakin luas maka anda perlu semakin banyak pekerja untuk membantu pengolahan lahan tersebut.

Send to Kindle
More from Budidaya Tanaman
Back to Top