1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Teknik dan Cara Budidaya Ketela Pohon


Ketelah pohon adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sebagian besar dari kita tentu pernah melihat tanaman ini tumbuh di sawah-sawah dekat rumah kita, atau paling tidak kita tentu sudah pernah melihat buah ketela pohon itu sendiri di tempat-tempat perbelanjaan. Ketela pohon memang telah sangat populer di Indonesia. Bahkan komoditi ini beberapa tahun belakangan tengah dipromosikan dengan gencar di berbagai daerah untuk menjadi bahan pangan pengganti nasi.

Manfaat Ketela Pohon

Seluruh bagian dari tanaman ketela pohon bisa dimanfaatkan. Bagian daun bisa kita olah menjadi sayuran yang enak. Salah satu jenis sayuran hasil olahan daun ketela pohon yaitu seperti yang biasa kita jumpai di rumah-rumah makan padang. Selanjutnya bagian batangnya yang memenuhi syarat untuk dijadikan bibit bisa kita olah dengan cukup di potong-potong dan kita tanam kembali.

Sementara itu, bagian batang ketela pohon yang muda bisa kita jadikan makanan ternak dan bagian batang yang tidak terpakai, biasanya bagian bonggol dekat akar, bisa kita jadikan kayu bakar setelah dijemur hingga kering. Akar dari tanaman ketela pohon merupakan hasil utama yang diharapkan dari penanaman tanaman ini. Buah ketela yang terdapat di bagian akar bisa diolah menjadi beragam jenis makanan yang kaya akan karbohidrat, sebagai sumber energi, seperti halnya nasi.

Membudidayakan Ketela Pohon

Di sini kita akan membicarakan tentang cara budidaya ketela pohon untuk menambah wawasan kita mengenai bagaimana cara membudidayakan tanaman yang sudah sangat melekat dengan tradisi dan budaya Indonesia ini. Jika kita memiliki lahan yang menganggur, ada baiknya kita tanami dengan tanaman ini karena bisa menghasilkan bahan makanan. Terlebih lagi komoditi ketela pohon juga bisa menguntungkan karena memiliki nilai jual yang lumayan.

Pemilihan Lahan yang Ideal

Bagi Anda yang memang berminat untuk menjadikan budidaya ketela pohon sebagai lahan bisnis, ada baiknya kalau Anda memperdalam pengetahuan mengenai teknik budidaya ketela pohon terlebih dahulu. Meski penanamanketela pohon cukup sederhana, namun ada beberapa teknik yang perlu kita pelajari untuk mengoptimalkan hasil yang bisa kita dapat. Beberapa teknik tersebut antara lain adalah pemilihan lahan, pemilihan bibit, dan cara menanam. Berikut adalah lahan yang tepat untuk budidaya ketela pohon.

Ketela pohon diketahui dapat tumbuh dengan baik di wilayah dengan ketinggian antara 10 meter hingga 700 meter di atas permukaan laut. Tanah yang kaya akan unsur hara dan memiliki PH sekitar 5,5 adalah tanah yang sangat pas untuk menumbuhkan ketela pohon. Sementara itu, suhu minimal yang dibutuhkan tanaman ketela pohon untuk hidup yaitu 10 derajat celcius dan kelembaban udara yang ideal yaitu sekitar 60 persen. Tanamanketela pohon juga membutuhkan sinar matahari setidaknya 10 jam per hari.

Pengolahan Tanah

Tanah yang gembur dan bertekstur remah adalah tempat yang sangat cocok untuk menanam ketela pohon. Oleh sebab itu kita harus mencangkuli tanah terlebih dahulu dan membuat guludan-guludan sebagai tempat untuk menanamnya. Guludan-guludan tersebut sangat berguna untuk menghindari genangan air hujan dan mempermudah pemanenan. Jika tanah diketahui masih miskin akan unsur hara, sebaiknya kita beri pupuk dan kita seimbangkan PH tanah dengan cara dikapur.

Cara Menanam Ketela Pohon

Bibit ketela pohon bisa didapat dari batangnya yang bagian tengah. Bibit yang baik berdiameter antara 2 cm sampai 3 cm. selanjutnya kita potong-potong sepanjang kita-kira 20 cm dan diruncingkan bagian bawahnya. Cara tanam ketela pohon yakni cukup dengan menancapkan bagian bawah bibit ke dalam tanah yang telah kita olah tadi, dengan kata lain yaitu dilakukan dengan teknik stek batang. Lalu dengan perawatan secara baik, 6 sampai 9 bulan kemudian tanaman sudah bisa kita panen.

Send to Kindle
More from Budidaya Tanaman
Back to Top