1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Belajar Cara Budidaya Kerang Mutiara


Mutiara adalah salah satu jenis perhiasan yang didapatkan dari salah satu jenis hewan yang terdapat di laut, yang bernama kerang. Harga mutiara di pasaran sangat mahal, oleh karena itu saat ini banyak orang yang mencoba mengembangkan budidaya kerang mutiara. Mutiara dihasilkan oleh kerang dan tersimpan di antara dua cangkang keras yang berfungsi sebagai pelindung bagi hewan tersebut. Cangkang yang sangat keras tersebut terbentuk dari zat kapur yang berasal dari epithel luar. Bentuk dari cangkang tersebut tidak simetris dan memiliki pola garis-garis.

Klasifikasi Kerang Mutiara

Klasifikasi kerang mutiara menurut para ahli yaitu bahwa hewan ini berasal; dari spesies Pinctada Maxima dengan genus Pinctada. Hewan ini berasal dari family Pteridae, ordo Anysomyaria, dan dari klas Pelecypoda. Kerang mutiara juga diketahui berasal dari philum Mullusca, sub kingdom Invertebrata atau hewan tak bertulang belakang, dan dari kingdom Animalia.

Proses Pembentukan Mutiara

Proses pembentukan mutiara di dalam kerang sebenarnya diawali dengan masuknya irritant yang berupa benda padat ke dalam cangkang dan mantel kerang mutiara. Menurut beberapa sumber, irritant yang dimaksud yaitu bisa berupa pasir laut ataupun benda-benda padat lainnya. Selanjutnya irritant yang masuk ke mantel kerang mutiara akan terbungkus oleh nacre dan menjadi mutiara yang harganya sangat mahal. Proses tersebut membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum kerang yang sangat bernilai bisa didapatkan.

Budidaya Kerang Mutiara

Meskipun proses pembentukan mutiara terjadi secara alami, kita bisa melakukan rekayasa untuk membudidayakan kerang mutiara sehingga bisa menghasilkan komoditi mutiara yang sangat berharga tersebut dengan jumlah panen yang lebih banyak dan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Oleh karena itu saat ini usaha budidaya kerang mutiara telah menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Salah satu sentra budidaya kerang mutiara yaitu berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini, maka Anda bisa mempelajari teknik budidaya mutiara yang melibatkan campur tangan manusia. Teknik tersebut telah terbukti sangat efektif dan telah dilakukan oleh banyak pembudidaya mutiara. Inti dari teknik tersebut yaitu dengan memasukan irritant dan pembungkusnya ke dalam kerang sehingga akan segera terproses dan menjadi mutiara yang siap dipanen. Adapun di tulisan ini kita akan mempelajari bagaimana cara budidaya kerang mutiara.

Metode Beternak Kerang Mutiara

Cara ternak kerang mutiara bisa dilakukan dengan beberapa metode, yaitu metode rakit apung dan juga metode tali rentang. Pada umumnya, para pelaku budidaya kerang mutiara beternak kerang mutiara dengan metode rakit apung. Rakit apung tersebut akan dapat difungsikan sebagai tempat untuk memelihara induk-induk kerang, tempat pendederan, dan juga tempat untuk pembesaran kerang.

Pembenihan Kerang Mutiara

Proses pembenihan dimulai dengan mencari induk-induk kerang yang bagus. Untuk pertama kali, induk-induk kerang bisa diperoleh dari mengumpulkan kerang-kerang langsung dari alam, setelah itu diseleksi dengan seksama. Setelah didapatkan induk jantan dan induk betina yang berkualitas, maka induk-induk kerang mulai dikawinkan. Kerang tidak kawin secara langsung, melainkan proses pembuahannya terjadi di luar tubuh. Mula-mula betina akan bertelur, kemudian para induk jantan akan membuahi telur-telur tersebut dengan sperma mereka.

Kapan Kerang Siap Memproduksi Mutiara?

Setelah didapatkan benih-benih kerang maka kita lakukan proses pembesaran dengan memelihara kerang secara baik. Jika kita pelihara dengan benar, kerang-kerang akan terus hidup dan mulai tumbuh besar setelah sekitar satu tahun. pada usia di antara satu tahun hingga satu setengah tahun kerang baru siap memproduksi mutiara. Sehingga pada saat itulah kita bisa memulai proses penanaman bakal mutiara ke dalam cangkang kerang.

Send to Kindle
More from Budidaya
Back to Top