1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Kelinci Australia


Di sini kita akan sama-sama belajar cara budidaya kelinci Australia yang efektif. Sebelumnya, mari kita pahami dulu mengapa ternak kelinci bisa menjadi sebuah pilihan bisnis yang bagus dan apakah kelinci Australia itu. Untuk tujuan komersial, membudidayakan kelinci, terutama kelinci Australia, bisa menjadi sebuah usaha yang sangat menguntungkan. Faktor pendorong yang pertama yakni karena perawatan dan pemeliharaan kelinci tergolong mudah. Hal ini karena pakan kelinci tergolong sangat mudah untuk dicari, sedangkan keahlian beternak kelinci juga mudah untuk kita pelajari. Faktor pendorong yang selanjutnya yaitu usaha ini tidak memerlukan lahan yang luas. Kemudian bila dilihat dari sisi modal, maka beternak kelinci hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Selain itu, kelinci adalah jenis binatang yang dapat melahirkan anak-anak kelinci dalam jumlah banyak dalam sekali melahirkan. Sehingga hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kita.

Apakah kelinci Australia itu?

Lalu sebenarnya, apakah kelinci Australia itu? Yang menjadi ciri-ciri khusus dari kelinci Australia yaitu ukurannya yang besar, beratnya bisa mencapai kurang lebih 7 kilogram. Pada umumnya, kelinci jenis ini dipelihara untuk diambil dagingnya (kelinci pedaging). Namun bentuknya yang besar dan lucu sering juga membuat banyak orang membelinya hanya untuk sekedar memelihara hewan ini saja. Nah, yang menjadi salah satu alasan mengapa kita lebih baik memilih kelinci Australia untuk dibudidayakan yaitu karena kelinci jenis ini sangat banyak diminati, terutama untuk dijadikan santapan lezat. Daging kelinci Australia terkenal berkualitas dan memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga sehat untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang belum pernah memiliki pengalaman beternak kelinci, jangan khawatir. Karena di bawah ini akan kita bahas cara maupun teknik beternak kelinci.

Tips Beternak Kelinci Australia

Sebelum memulai usaha ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar usaha ternak kelinci kita ini dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah tips bagi Anda. Mula-mula, kita perlu memilih lokasi yang mendukung usaha kita ini. Secara umum, lokasi yang baik yaitu yang tidak mengganggu lingkungan sekitar dan dekat dengan sumber-sumber pakan yang kita butuhkan. Selain itu, akan lebih baik juga jika lokasi yang kita pilih tidak terlalu jauh dari tempat untuk memasarkan hasil ternak kita nanti. Suhu ideal yang bagus untuk mengembangkan budidaya kelinci Australia yaitu 15 hingga 25 derajat celcius dan tempatnya harus dijaga supaya tetap bersih. Lalu jangan lupa  memilih tempat yang aman dari gangguan hama maupun pencuri.

Tips yang selanjutnya yaitu pilihlah bibit yang baik. Pemilihan ini bisa dilakukan dengan melihat induk dari bibit yang hendak kita beli. Pastikan induk memiliki riwayat melahirkan anak kelinci dalam jumlah banyak. Selanjutnya, pastikan kondisi tubuh induk normal dan sehat, serta memiliki bulu yang baik dan puting susu yang berjumlah minimal delapan buah. Kemudian siapkanlah kandang dengan ukuran yang ideal, yakni panjang 90 cm x lebar 60 cm x tinggi 60 cm. Kita bisa langsung membuat banyak kandang atau beberapa dulu saja, tergantung modal yang kita punyai. Lalu, persiapan kita selanjutnya yaitu mempelajari cara ternak maupun cara budidaya kelinci dengan cermat.

Cara Beternak Kelinci Australia

Untuk kelinci Australia, ada beberapa teknik budidaya yang sedikit berbeda dengan budidaya kelinci lokal, mengingat tujuan dari usaha budidaya ini yaitu untuk diambil dagingnya. kita harus memastikan bahwa kelinci-kelinci kita menghasilkan daging yang banyak, sehingga kita harus memperhatikan betul pakan yang kita berikan. Untuk pakan rumput, maka sebaiknya kita selalu menyediakannya (dengan jumlah tidak terbatas), sedangkan untuk pakan konsentrat yakni minimal 50 gram per hari. Untuk induk yang sedang hamil, maka kita tambah menjadi 70 gram dan untuk induk yang menyusui maka kita tambah lagi menjadi hingga 200 gram.

Cara Meregenerasi Kelinci Australia

Kelinci Australia telah siap dikawinkan pada usia minimal 5 bulan. Seekor pejantan bisa dipasangkan dengan 10 ekor betina. Untuk pemilihan waktu kawin, sebaiknya dilakukan pada pagi ataupun sore hari. Selanjutnya, jika kelinci sudah beranak, maka sebenarnya bisa langsung dikawinkan lagi setelah lebih kurang 10 hari. Namun sebaiknya kita menunggu hingga sekitar 45 hari kemudian setelah induk menyapih anak-anak kelinci yang dilahirkan.

←More from Budidaya Ternak

↑ Back to Top