1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Kapulaga


Berikut ini ada info seputar cara budidaya kapulaga yang bisa anda aplikasikan dalam membudidayakan tanaman yang satu ini. Teknik budidaya yang harus dilakukan juga dibagi menjadi beberapa tahap, mulai dari persiapan bibit, pengelolaan tanah, poses penanaman dan seterusnya. Semua hal tersebut harus anda lakukan secara berurutan. Perlu anda ketahui pula bahwa tanaman kapulaga memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi dimana tanaman ini memilih kelembaban 40 sampai dengan 75 persen. Suhu harian yang harus anda sediakan untuk tanaman ini adalah 20 hingga 30 derajat celcius. Tanaman ini juga memiliki keunikan tersendiri yang mana baik untuk ditumbuhkan di tempat dataran tinggi maupun dataran rendah.

Proses Penanaman dan Pengolahan Tanah Kapulaga

Proses cara tanam kapulaga adalah sebagai berikut. Pertama, anda harus mempersiapkan bibit yang hendak anda gunakan untuk membudidayakan tanaman ini. Cara menanam tanaman kapulaga ini juga sebaiknya diberi fasilitas berupa penaung. Penyediaan bibit bagi kapulaga bisa anda perbanyak dengan cara anakan atau tunas baru atu bisa juga dengan menggunakan percabangan rizoma yang nantinya akan membentuk sebuah tunas. Kemudian bibit tunas yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah yang tingginya lebih kurang 50 cm dan memiliki akar Rizoma yang muda dan mata tunasnya banyak. Perlu diketahui pula bahwa rizoma yang sudah tua usianya akan memiliki pertumbuhan yang kurang baik.

Proses pengolahan tanah untuk tanaman ini juga perlu dilakukan. Untuk bisa mendapatkan waktu penanaman yang baik, anda bisa melakukannya di bulan yang memiliki curah hujan cukup tinggi yaitu bulan oktober sampai dengan bulan desember. Proses pengolahan tanah bisa anda lakukan pada saat bulan September hingga Oktober. Pencangkulan dalam tanah harus dilakukan hingga kedalamannya menapai 30 cm. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan lobang tanam yang memiliki ukuran panjang 50 cm dan kedalaman sebesar 40 cm. Jangan lupa juga untuk mencampur tanah dengan pupuk sebelumnya agar nantinya tanaman yang ditanam didalamnya bisa tumbuh dengan baik. Pupuk yang harus anda sediakan dan anda gunakan adalah pupuk kandang.

Pemeliharan dan Pemanenan Kapulaga

Pemeliharan daun tanaman ini juga penting untuk dilakukan. Pastikan ketika melakukan proses penanaman, tunasnya jangan sampai terganggu, seperti patah atau terluka, hal ini akan menyebabkan pertumbugan dari pohonyang dimiliki tanaman ini ikut terganggu pula. Tanaman kapulaga juga harus diperhatikan pula jarak penanamannya. Jarak yang digunakan adalah 1m x 1,5m atau 1m x 2m. Penyiangan rumput juga perlu dilakukan agar gulma yang tumbuh disekitar tanaman ini bisa dikendalikan dan tidak merusak kualitas dari tanaman yang anda miliki. Penggemburan diluar rumpun juga harus dilakukan agar bisa merangsang perumbuhan anakan rimpang supaya bisa tumbuh dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan pemotongan jika anda menemukan adanya daun-daun yang kering.

Anda bisa mendapatkan hasil buah dari tanaman kapulaga ini setelah mereka berusia kurang lebih 2 hingga 3 tahun. Kapulaga merupakan salah satu tanaman yang akan berbuah sepanjang tahun jadi jangan kaget jika pemanenan tanaman kapulaga ini terkadang tidak menentu. Beberapa petani menggunakan istilah yang unik untuk menggambarkan proses pemanenan bagi tanaman yang satu ini. Istilahnya adalah Panen besar sebanyak 4 kali dan panen kecil sebanyak 4 kali pula yang terjadi selama 1 tahun berselang-seling. Umur tanaman ini hanya berkisar hingga 10 sampai 15 tahun saja. Hasil panen untuk setiap hektarnya sangat luar biasa, bisa mencapai 2 hingga 3 ton buah setiap tahunnya.

Send to Kindle
More from Budidaya Tanaman
Back to Top