Cara Budidaya Kambing Kacang

Apa Itu Kambing Kacang?

Bila diperhatikan, sekarang ini sudah banyak orang yang tertarik untuk melakukan sebuah kegiatan budidaya ternak terlebih lagi ternak kambing. Salah satu pilihan favorit dalam beternak kambing adalah kambing kacang. Jenis kambing kacang adalah yang mana ada baik di Indonesia maupun Malaysia. Jenis kambing ini populer untuk dibudidayakan karena memiliki tingkat reproduksi yang baik bahkan seringkali menghasilkan anak kambing kembar. Kambing kacang juga dikenal karena kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan yang ada sehingga memiliki tingkat bertahan hidup yang lebih baik dibandingkan kambing jenis lain. Lalu apa saja tips dan cara budidaya kambing kacang yang tepat?

Kambing Kacang

Gambar Kambing Kacang

Aspek Bibit Unggul

Sudah tentu bahwa semua peternak perlu memahami aspek yang paling mendasar dari cara ternak kambing kacang yaitu mengenai pemilihan bibit unggul kambing kacang yang akan diternakkan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guna memilih bibit kambing kacang yang berkualitas. Yang pertama adalah kambing tersebut harus memiliki badan yang sehat baik kambing pejantan maupun kambing betina. Faktor kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit kambing kacang adalah mengenai tidak adanya cacat fisik pada bibit kambing tersebut. Yang ketiga, anda harus memilih bibit kambing kacang yang berkulit bersih dan mengkilat.

Aspek Perawatan Kambing Kacang

Tips dan cara budidaya kambing kacang yang kedua adalah mengenai proses perawatan kambing kacang tersebut. Yang paling penting dalam proses perawatan kambing kacang adalah mengenai pakan dan minum yang anda sediakan. Ada dua jenis pakan yang dapat anda berikan pada kambing kacang anda yaitu makanan utama berupa hijau-hijauan seperti rumput atau daun dan makanan tambahan yang dapat berupa kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil, vitamin, dan sebagainya. Apabila mengenai minuman, anda perlu menyediakan air mineral sebanyak 2,5 liter perharinya bagi tiap ekor kambing kacang yang anda miliki.

Perawatan Kandang

Guna sukses dalam beternak kambing kacang, cara beternak kambing kacang yang berkualitas berikutnya adalah mengenai usaha perawatan kandang tempat kambing tersebut tinggal. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan tentunya. Yang pertama adalah mengenai kebersihan kandang. Lakukan pembersihan secara rutin guna menghindari bermacam penyakit yang dapat muncul. Faktor kedua adalah mengenai kualitas ventilasi yang mana harus cukup demi kenyamanan kambing kacang anda. Faktor berikutnya adalah mengenai ukuran. Pastikan anda menyesuaikan ukuran kandang dengan usia kambing kacang anda.

Pengelolaan Reproduksi Kambing Kacang

Ide tau tips berikutnya yang perlu diperhatikan bila anda ingin sukses dalam beternak kambing kacang adalah mengenai pengelolaan reproduksi kambing kacang itu sendiri. Bila memungkinkan, anda harus dapat membuat kambing kacang anda bereproduksi 3 kali dalam setahun. Diperlukan juga pengetahuan anda mengenai reproduksi dari kambing kacang seperti usia kelamin dewasa dari 6-10 bulan, siklus birahi yang berselang pada kambing kacang yaitu antara 17 hingga 21 hari, lama birahi yaitu 24 hingga 45 hari, dan lain sebagainya.

Pengendalian Penyakit Kambing Kacang

Sebaik apapun bibit kambing kacang yang anda miliki, tentu saja ada waktu dimana ternak kambing kacang anda mengalami bermacam penyakit yang dapat berdampak tidak hanya pada proses reproduksi akan tetapi juga berdampak pada resiko kematian kambing tersebut. Pengenalan jenis penyakit dan juga pemilihan metode penanganan penyakit tersebut tentu harus anda ketahui. Namun perlu diperhatikan pula penyebab apa saja yang membuat penyakit kambing kacang itu muncul. Bila diketahui penyebabnya, anda tak perlu khawatir tentang bagaimana cara melakukan pencegahan.

Pasca Panen Kambing Kacang

Yang menjadikan kambing kacang terkenal tentu saja cepatnya proses reproduksi dari kambing tersebut. Selain mengenai pakan, anda harus dapat pula mengelola proses pasca panen dari ternak tersebut. Yang perlu dipahami adalah kapan waktu yang tepat untuk menjual kambing kacang ke konsumen. Waktu yang tepat adalah bila sudah tidak ada penambahan berat badan lagi pada kambing tersebut yang biasanya berusia 1 hingga 1,5 tahun. Apabila mengenai harga penjualan, anda harus menyesuaikan dengan usia dan berat kambing kacang yang ingin dijual.

Permasalahan Modal

Dalam beternak kambing kacang, tentu tiap orang memiliki masalah mereka sendiri-sendiri. Namun pasti kebanyakan dari mereka akan mengalami kesulitan terutama pada sektor modal. Tentu saja dalam memulai ternak kambing kacang diperlukan modal yang tidak sedikit baik untuk membeli bibit, memenuhi kebutuhan pakan, maupun keperluan lainnya. Bila anda tidak memiliki modal yang cukup, anda dapat memanfaatkan dana pinjaman dari bank tentunya.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Kambing Kacang"

Leave a comment