Cara Budidaya Kambing Etawa

Kambing etawa adalah salah satu dari beragam jenis kambing yang saat ini telah bisa kita jumpai di Indonesia. Kambing etawa ini merupakan jenis kambing yang sangat istimewa atau unggul, karena selain bentuk tubuhnya yang gagah dan lebih besar, kambing etawa juga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Adapun yang disebut dengan istilah kambing peranakan etawa atau yang juga biasa disingkat dengan nama kambing PE yaitu hasil perkawinan silang antara jenis kambing etawa yang berasal dari India dengan jenis kambing kacang yang merupakan kambing asli dari Indonesia.

Sekilas tentang Kambing PE (Peranakan Etawa)

Kambing PE juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi, bahkan kambing jenis ini memiliki beberapa kelebihan. Yang menjadi salah satu kelebihan dari kambing hasil persilangan antara jenis kambing etawa dan jenis kambing kacang tersebut yakni kemampuan adaptasinya yang sangat baik dengan keadaan iklim yang terdapat di Indonesia. Hal ini membuat jenis kambing PE menjadi salah satu pilihan utama karena faktor pemeliharaan atau perawatan yang lebih mudah, faktor daya tahan kambing yang lebih baik sehingga tidak gampang sakit, dan juga faktor keuntungan ekonomis yang bisa didapat.

Nilai ekonomis dari pemeliharaan kambing etawa maupun kambing PE selain harga jualnya yang tinggi karena dagingnya yang memang cukup melimpah yaitu bahwa kambing jenis tersebut dapat dipelihara untuk diperah atau diambil susunya. Susu kambing etawa maupun kambing PE cukup laku dijual karena telah terbukti memiliki manfaat yang besar bagi tubuh manusia jika dikonsumsi secara teratur. Bahkan kambing etawa jogja banyak dipelihara untuk mensuplai keutuhan kedai-kedai atau tempat-tempat nongkrong yang menyajikan menu susu kambing dengan beraneka ragam varian rasa yang nikmat.

Tips Budidaya Kambing Etawa

Bagi Anda semua yang memiliki kegemaran dalam dunia peternakan, budidaya kambing etawa bisa menjadi salah satu peluang usaha ternak yang sangat menguntungkan. Di bawah ini akan saya bagikan cara budidaya yang bisa kita gunakan dalam beternak kambing etawa. Jadi bagi Anda yang merasa belum mempunyai pengalaman beternak kambing etawa, berikut adalah informasi yang bisa menambah wawasan Anda sehingga Anda bisa lebih percaya diri dalam merealisasikan niat untuk mengembangkan usaha budidaya kambing etawa. Tips mengenai cara budidaya kambing etawa adalah sebagai berikut.

Persiapan Kandang Kambing Etawa

Tips yang pertama yaitu kita awali dari proses penyiapan kandang kambing etawa terlebih dahulu. Untuk masalah kandang, ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan. Yang pertama yaitu lokasinya harus bersih dan aman dari berbagai macam bahaya. Kemudian yang kedua yaitu bahwa lokasi kandang harus strategis, dalam artian dekat dengan sumber pakan dan akan lebih bagus jika dekat juga dengan tempat menyalurkan hasil beternak kita yang baik berupa susu kambing maupun daging kambing, sehingga tenaga dan biaya transportasi bisa diminimalisir dan keuntungan bisa dimaksimalkan.

Pembibitan dan Cara Beternak Kambing Etawa

Membudidayakan kambing etawa, maka kita perlu memastikan untuk mendapatkan bibit yang unggul sehingga hasil ternak kita nantinya juga akan bagus. Pembibitan bisa kita lakukan sendiri dengan mengawinkan antara induk betina unggulan dengan induk jantan unggulan. Dengan demikian, anak-anak kambing yang dihasilkan akan sangat bagus.

Selanjutnya untuk cara ternak, kita harus selalu menyediakan pakan rumput supaya daging dan susu yang dihasilkan oleh kambing kian melimpah. Kita juga bisa menambahkan pakan konsentrat atau berbagai vitamin. Kemudian kita harus membersihkan kandang secara rutin dan teratur supaya hama penyakit tidak mudah menyerang. Itulah barangkali beberapa hal mendasar mengenai cara beternak kambing etawa.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Kambing Etawa"

Leave a comment