1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Teknik Budidaya Jeruk Purut


Buah jeruk dikenal sebagai jenis buah yang kaya akan nutrisi, khususnya yakni vitami C. Tak diragukan lagi bahwa peran vitamin C untuk tubuh kita sangatlah vital. Vitamin C dapat membantu tubuh untuk memperkuat sistim daya tahan tubuh yang dapat menyebabkan diri kita lebih tahan terhadap berbagai serangan dari luar yang bisa menyebabkan kita sakit. Oleh karena itu, dengan asupan vitamin C yang baik maka tubuh kita akan lebih kuat dan selalu bugar.

Jeruk adalah buah yang digemari oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Buah ini selain bisa dimakan langsung setelah dikupas, juga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan ataupun minuman, contohnya saja selai jeruk, juice jeruk, sup buah, dan lain-lain. Akan tetapi, ada juga jenis jeruk yang berfungsi sebagai semacam penyedap aroma dan rasa, namanya yakni jeruk purut. Kami yakin bahwa sebagian besar dari para pembaca yang suka bercocok tanam pasti memiliki pohon jeruk purut ini di rumah, karena tanaman ini memang relatif selalu dibutuhkan.

Peluang Berbisnis dengan Budidaya Jeruk Purut

Jeruk purut sungguh berbeda dengan buah jeruk pada umumnya yang dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut. Buah maupun daun dari jeruk purut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk membuat kue, manisan, maupun berbagai macam masakan supaya rasa dan aromanya lebih mantap. Jeruk purut tergolong sangat populer di masyarakat Indonesia, maka tak heran jika peminatnya di pasaran cukup tinggi untuk setiap harinya. Oleh sebab itu, sangat bagus sebenarnya apabila kita memiliki ide untuk mengembangkan budidaya tanaman ini.

Tips untuk Budidaya Jeruk Purut

Di sini akan kami sediakan beberapa tips yang berkenaan dengan cara budidaya jeruk purut. Tips mengenai teknik budidaya yang pertama akan kita bahas yakni berkaitan dengan cara menanam ataupun teknik menanamtumbuhan jeruk purut ini. Kemudian kita juga akan membahas tentang perawatan tanaman ini. Langsung saja kita mulai pembahasan yang pertama.

Teknik Menanam

Sebelum menanam, tentu saja kita harus mencari bibit jeruk purut yang baik, yang bisa kita dapatkan di berbagai sentra pembibitan tanaman. Cara pembibitan yang baik yakni yang memenuhi standar sertifikasi pembibitan, jadi pastikan Anda mendapatkan bibit hanya di tempat terpercaya. Setelah mendapatkan bibit, proses penanaman yang harus kita lakukan cukup sederhana. Mula-mula kita membuat lubang-lubang tanam dengan jarak sekitar 3 meter, setelah itu kita masukan bibit jeruk purut dan menutupnya dengan tanah.

Pemupukan dapat kita lakukan ketika menanam, yakni dengan mencampuri tanah untuk menimbun lubang-lubang tanam dengan dolomit dan pupuk kandang secukupnya. Cara tanam seperti ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman dapat tumbuh lebih baik.

Teknik Perawatan

Selanjutnya tanaman tinggal dirawat dengan baik dan benar agar hasil panennya juga baik. Prosedur perawatan yang harus dilakukan secara rutin yaitu yang pertama adalah menyiram tanaman secara berkala. Selanjutnya, kita perlu membersihkan semak-semak pengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman. Kemudian kita juga perlu melakukan pemupukan kembali terhadap tanah di sekitar tanaman. Lalu, kita juga harus selalu merawat batang dan ranting tanaman, yakni dengan membersihkannya dari hewan-hewan kecil pengganggu dan juga memotong ranting-ranting dengan menggunakan alat pangkas.

Itulah barangkali garis besar mengenai cara budidaya tanaman jeruk purut yang perlu kita ketahui. Hasil dari komoditas budidaya jeruk purut bisa sangat besar, oleh sebab itu ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat baik untuk kita. Sekian dan semoga bermanfaat.

Send to Kindle
More from Budidaya Buah
Back to Top