1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Itik Pedaging yang Bernilai Jual Tinggi


Daging itik sangat mudah kita temukan. Berbagai macam olahan daging ini bisa kita nikmati di restaurant atau warung yang menyediakan menu itik. Mungkin, Anda melihat peluang karena pasokan daging itik masih kurang di daerah Anda. Jika Anda memang tertarik untuk beternak itik maka pelajari dulu bagaimana cara ternak unggas ini agar panen Anda sesuai dengan permintaan pasar.

Menyiapkan Kandang untuk Itik Pedaging

Sebelum membeli bibit itik yang unggul, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu kandangnya. Ada 3 jenis kandang yang bisa Anda siapkan untuk budidaya itik pedaging.

Pertama, Anda perlu menyiapkan kandang box khususnya untuk anak itik atau DOD yang berukuran 1 meter hingga 2 meter untu menampung 50 ekor.

Kedua, Anda bisa menyiapkan kandang yang dinamakan kandang brower. Kandang ini digunakan untuk memelihara itik remaja. Kandang ini bisa memuat sekitar 16 hingga 100 ekor itik remaja.

Ketiga, siapkan kandang layar khususnya untuk itik petelur dewasa. Kapasitas kandang ini adalah 4 ekor hingga 5 ekor itik dewasa.

Dengan memperhatikan cara budidaya itik pedaging dengan memperhatikan kandang diharapkan itik bisa berkembang secara sehat dan maksimal. Buatlah kandang dari bahan yang kuat dan tahan lama. Jangan lupa tambahkan tempat makan dan minum sesuai dengan jumlah itik yang ada dalam kandang untuk memastikan bahwa itik-itik tersebut mendapatkan makanan yang cukup.

Pemilihan Bibit Itik Pedaging yang Unggul

Memilih bibit unggul adalah teknik budidaya itik pedaging selanjutnya. Tentunya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bibit itik pedaging yang berkualitas.

  • Belilah bibit itik yang sudah menetas yang berasal dari itik petelur yang sudah dijamin kualitasnya.
  • Memelihara itik jantan dan betina yang memang unggul untuk kemudian menetaskan telur-telurnya sebagai itik pedaging.
  • Membeli bibit itik  DOD di tempat yang sudah direkomendasikan oleh pihak-pihak terkait seperti Dinas Peternakan.

Pastikan bahwa DOD tidak dalam keadaan sakit dan cacat. Bulunya haruslah mengkilat dengan warna kuning segar.

Perawatan Bibit Itik Pedaging

Anda juga perlu mempelajari perawatan itik pedaging karena ini merupakan bagian dari teknik beternak itik pedaging yang benar. Setelah Anda mendapatkan bibit itik yang berkualitas, segera tempatkan pada kandang brooder. Sebar bibit itik tersebut secara merata dengan suhu yang sudah disesuikan dengan usia itik. Tambahkan vitamin pada makanan atau minuman bibit tersebut agar kualitasnya tetap terjaga.

Pemberian Pakan Itik Pedaging

Perawatan itik pedaging termasuk juga cara pemberian pakan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat memberikan pakan pada itik pedaging. Jenis pakan dan jumlahnya dibedakan berdasarkan usia bibit itik tersebut. Untuk bibit itik pedaging usia 0-16 hari gunakan wadah datar agar itik mudah untuk memakannya. Sedangkan untuk usia 16-21 hari berikan pakan pada wadah serta sebarkan pada lantai kandang. Jika itik sudah berumur 21-18 minggu maka sebarkan saja pakan di lantai.

Tambahkan pula vitamin tambahan seperti bekatul, jagung, atau tepung ikan.

Pemeliharaan Itik Pedaging

Memelihara itik pedaging juga ada tantangannya. Tantangan paling besar adalah hama dan penyakit. Biasanya, itik pedaging akan menderita penyakit yang dinamakan dengan Duck Cholera dan Salmonelosis. Tanda-tanda umum penyakit ini adalah itik akan mencret dan terlihat sesak nafas. Cegah penyakit ini dengan memperhatikan sanitasi dan kebersihan kandang. Berikan itik tersebut vaksinasi sesuai dosis yang tertera.

Prospek Bisnis Bebek Potong (Pedaging)

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa benar beternak bebek potong itu menghasilkan? Sekarang, simak saja harga itik jenis ini per ekor. Pada bulan September 2012 lalu satu ekor bebek pedaging dengan berat 1.5kg ditawarkan dengan harga Rp. 38.000 per ekor. Sedangkan itik pedaging dengan berat sekitar 1.2kg hingga 1.3kg dibandrol dengan harga Rp. 33.000,- per ekornya. Harga ini adalah harga jika bebek tersebut hidup. Biasanya, ada pembeli yang ingin membeli bebek dalam keadaan mati dan sudah bersih. Silakan saja Anda sediakan tapi berilah ongkos tambahan untuk membersihkan bebek tersebut hingga siap olah.Bagaimana jika Anda memiliki bebek yang masih kecil dan berusia beberapa hari saja? Jangan salah, jika bibit itik tersebut berasal dari induk yang berkualitas dan unggul maka 1 ekor bibit itik jantan usia 3 hingga 7 hari dihargai sekitar Rp. 6.500,- per ekor. Sedangkan untuk bibit itik betina dengan usia yang sama dihargai lebih tinggi yaitu sekitar Rp. 8.500,-

Pemasaran Bebek Potong

Untuk tahap awal, mulai beternak bibit itik jantan karena harganya lebih murah. Selain itu, bebek jantan pertumbuhannya lebih cepat dan segera bisa dipanen. Secara detail, Anda bisa memanen itik potong jantan hanya dalam waktu 2 bulan hingga 3 bulan saja dengan berat yang sudah standar. Usahakan menjual bebek yang usianya masih muda. Ini karena daging bebek muda empuk dan gurih dengan nilai gizi yang masih sangat tinggi.  Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang ingin memulai bisnis peternakan khususnya bisnis itik pedaging.

←More from Budidaya Ternak

↑ Back to Top