1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal


Ikan koi atau ikan mas koi adalah ikan hias yang digemari oleh sebagian besar masyarakat, bahkan di berbagai belahan dunia, karena termasuk jenis ikan hias yang eksotis. Jenis ikan ini disebut ikan mas koi karena ini memang masih tergolong sebagai ikan mas. Selain ikan koi dipelihara karena hoby, banyak juga orang yang menganggap bahwa jenis ikan yang satu ini adalah ikan yang dapat membawa keberuntungan. Maka tak heran jika banyak pengusaha kaya yang senang memelihara ikan ini. Ikan koi dianggap sebagai ikan hoki bagi masyarakat Jepang dan China.

Namun, terlepas dari sisi kepercayaan tersebut, memelihara ikan koi memang sangat menyenangkan, karena warna dan bentuk tubuhnya terlihat sangat lucu ketika diamati. Terlebih lagi tingkah laku ikan ini sangat menarik ketika kita beri makan. Mereka akan langsung bergegas menyerbu tangan kita seperti ada semacam komunikasi. Yang jelas bahwa ikan ini bisa menjadi bahan refreshing yang bagus bagi pemiliknya. Mungkin itulah salah satu faktor yang membuatnya menjadi pembawa keberuntungan, yakni pemilik yang senantiasa merasa terhibur akan membuat kerjanya kian baik sehingga rejeki kian lancar.

Disukainya ikan koi oleh banyak orang membuat usaha budidaya ikan koi menjadi salah satu pilihan bisnis yang menggiurkan. Dengan jumlah penggemar yang banyak, maka secara otomatis akan cukup mudah bagi para pembudidaya ikan koi untuk menemukan konsumen atau para pembeli, lagi pula harga ikan koi cukup tinggi dan beragam di pasaran. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan koi? Jika Anda tertarik namun belum memiliki pengetahuan tentang cara budidaya ikan koi maka jangan khawatir, karena kita akan membahas cara budidaya ikan koi di kolam terpal lewat artikel ini.

Tips Budidaya Ikan Koi

Sebagai permulaan, berikut ini kami sediakan beberapa tips tentang teknik budidaya ikan koi. Pertama kali yang harus kita pikirkan ketika hendak menjalankan usaha budidaya ikan koi yakni mencari lokasi yang paling tepat untuk mengembangkan usaha ini. Lokasi yang paling tepat yakni yang aman dari gangguan predator maupun maling, sedangkan untuk penempatan kolam, bisa di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selanjutnya, kita harus belajar cara beternak ikan koin mulai dari pembibitan, pembesaran, hingga pemanenan. Berikut akan kita bahas lebih detail mengenai cara budidayanya.

Membuat Kolam Terpal Ikan Koi

Untuk menjalankan usaha budidaya koi ini, kita memerlukan tambak ataupun kolam ikan yang memenuhi standard untuk budidaya koi. Salah satu alternatif yang bisa dipilih yakni membuat kolam terpal, dimana teknik ini sudah dilakukan secara umum oleh para pembudidaya ikan, baik ikan pedaging maupun ikan hias seperti koi. Pembuatan kolam ikan terpal bisa dilakukan dengan dua cara, yakni kolam yang dibuat di atas tanah dengan ukuran luas dan ketinggian tertentu maupun kolam yang dibuat masuk kedalam tanah dengan ukuran luas dan kedalaman tertentu pula. Di bawah ini adalah penjelasan singkatnya.

Untuk kolam ikan terpal yang dibuat di atas tanah, maka kita perlu membuat kerangkannya, bisa dari bahan kayu-kayu tertentu maupun dari bahan yang lebih solid seperti besi, cor beton, ataupun baja. Sedangkan untuk kolam ikan terpal yang dibuat menjorok kedalam tanah, maka kerangka tidak perlu dibuat karena kita bisa menyandarkan terpal langsung kepada dinding-dinding tanah. Upayakan bahwa kita membuat kolam di lokasi yang tenang dan cukup mendapatkan sinar matahari atau sirkulasi udara. Sementara ukuran luas dan kedalaman kolam menyesuaikan jumlah ikan yang hendak dibudidaya.

Pada umumnya, kolam ikan terpal bisa dibuat dengan ukuran 4 x 5 x 1 meter, yang artinya memiliki lebar 4 meter, panjang 5 meter dan kedalaman 1 meter. Untuk kolam ikan dengan ukuran tersebut, maka terpal yang akan kita butuhkan yakni berukuran sekitar 6 x 7 meter. Untuk memelihara ikan koi, maka jenis terpal yang kita pakai adalah yang halus. Setelah kerangka ataupun galian tanah disiapkan, maka kita tutup dengan terpal dan kita ikat bagian-bagian pinggirnya dengan kuat. Jangan lupa menambahkan ring besi pada bagian terpal yang dilubangi sehingga tidak mudah robek, selanjutnya kita isi air jernih.

Teknik Beternak Ikan Koi

Setelah kolam siap, maka kita bisa mulai budidaya ikan koi. Cara ternak ataupun teknik beternak ikan koi tergolong gampang-gampang susah, akan tetapi sepanjang kita merawat ikan koi budidaya kita dengan baik maka hasilnya pun juga akan baik. Bibit ikan koi bisa kita dapatkan dengan cara membeli maupun melakukan proses pembenihan. Untuk proses pembenihan, bisa kita lakukan dengan memasangkan induk jantan dan betina ikan koi yang sudah matang. Pada umumnya, satu induk betina yang siap bertelur bisa dipasangkan dengan tiga induk jantan yang siap untuk membuahi telur dengan sperma.

Jika kita telah menanam bibit di kolam terpal yang kita buat, maka langkah selanjutnya yakni kita tinggal merawatnya dengan baik, dengan memberi pakan secara teratur dan menjaga kondisi dan kebersihan air dengan mamasang alat filter maupun pengatur suhu air.

Send to Kindle
More from Budidaya Ikan
Back to Top