Budidaya Ikan Kerapu Tikus

Bagi anda yang ingin tahu cara ternak ikan kerapu tikus, berikut ini akan disajikan info mengenai cara untuk membudidayakan ikan yang satu ini. Penyebaran ikan kerapu pada mulanya dimulai dari Afrika dan kemudian menybar hingga Pasifik Barat Daya. Sebelum beternak, anda harus mengetahui biologis dari ikan kerapu terlebih dahulu. Ikan yang satu ini umumnya berada di perairan yang kedalamannya dangkal dengan kisaran ukuran antara 0,5 sampai dengan 40 meter, dasar perairan disukai oleh ikan ini karena pasir berkarang yang dimiliki media tersebut banyak ditumbuhi oleh lamun. Dengan memperhatikan tempat yang disukai oleh ikan ini, anda akan semakin mudah untuk mengetahui cara budidaya ikan kerapu tikus.

Memilih Lokasi Terbaik untuk Ikan Kerapu Tikus

Berikut ini ada syarat untuk memilih lokasi terbaik untuk ikan tikus kerapu sehingga teknik budidaya bisa dilakukan secara maksimal. Lokasi terbaik yang sesuai untuk ikan ini adalah tempat yang terlindung dari angin dan memiliki gelombang besar. Tinggi gelombang yang baik untuk ikan kerapu disarankan tidak lebih dari 0,5 meter. Pastikan media yang digunakan untuk teknik beternak juga jauh dari limbah pencemaran, contohnya adalah limbah industri, pertanian rumah tangga. Supaya ikan ini bisa berkembang biak dan memberikan hasil yang menguntungkan, anda harus mencari tempat yang dekat dengan pakan kesukaan ikan ini. Inilah rahasia atau kunci keberhasilan dari beternak ikan kerapu tikus.

Cara beternak ikan kerapu tikus yang benar juga harus mengetahui kualitas fisik air dan juga keceparan arus air. Kualitas fisik air harus ideal yaitu antara 15 hingga 30 cm/detik kecepatannya. Air tersebut juga harus jernih atau baik, dan tidak boleh keruh sama sekali. Parameter yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas air adalah salinitas, kemudian suhu potensial untuk melakukan pembibitan ikan ini juga hanya berkisar antara 27 derajat hingga 29 derajat celcius saja.

Cara Pembibitan dan Pembesaran Ikan Kerapu Tikus

Bagi anda yang ingin melakukan penebaran bibit ikan tikus kerapu, penebarannya disarankan untuk tidak terlalu padat. Sebaiknya sebelu ditebar, benih yang berukuran 6 cm digelondongkan terlebih dahulu sehingga ukurannya bisa mencapai 12 cm hingga 15 cm. Bibit ikan kerapu ini juga bisa ditebar secara optimal hingga benih ikan berjumlah antara 450 hingga 500 ekor. Ukuran ikannya hanya berkisar antara 12 hingga 15 cm. Untuk memilih pakanyang tepat bagi ikan ini, perhatikan nutrisi yang dimiliki oleh pakan tersebut. Mengetahui kemauan ikan ini untuk memangsa pakan yang diinginkan juga harus diperhatikan. Umumnya ikan pakan yang banyak diberikan untuk ikan ini adalah ikan curah atau pakan buatan yang berbentuk pelet. Ikan curah yang diberikan juga umumnya harus segar dan beku. Untuk frekuensi pemberian makan bagi ikan kerapu tikus juga harus tepat. Frekuensi pemberian makan ikan kerapu ini sebaiknya diberi makanan 2 kali dalam sehari.

Laju pembesaran yang dilakukan untuk ikan kerapu adalah 1 hingga 1,3 gram dalam satu harinya. Anda juga harus rajin dalam memonitor ikan yang satu ini dan setidaknya dilakukan pengambilan sample secara acak sebulan sekali. Ini untuk mengetahui total populasi ikan kerapu tikus yang dihasilkan. Jangan lupa untuk melakukan penggantian jaring minimal satu bulan sekali yang mana disesuaikan dengan kondisi perairan yang ada di tempat tersebut. Ini berfungsi sekali untuk mengurangi resiko ikan kerapu tikus terserang oleh penyakit. Biasanya ikan ini mudah sekali diserang penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan juga parasit.

Be the first to comment on "Budidaya Ikan Kerapu Tikus"

Leave a comment