Cara Budidaya Ikan Kerapu Bebek

Ikan kerapu bebek adalah salah satu komoditi budidaya ikan yang menguntungkan. Budidaya ikan kerapu bebek saat ini telah banyak dilakukan oleh banyak petani ikan. Beberapa metode budidaya ikan kerapu bebek yang secara umum dapat dilakukan yakni dengan metode tambak dan juga keramba jala apung. Akan tetapi metode budidaya tersebut akan terus diteliti dan di gali lagi untuk menemukan sebuah metode baru yang mungkin akan lebih efektif dan efisien lagi.

Peluang Bisnis Budidaya Kerapu Bebek

Bisnis budidaya ikan kerapu bebek adalah salah satu pilihan bisnis yang bisa menghasilkan omset sangat besar. Selain sebagai salah satu jenis ikan untuk konsumsi lokal, kerapu bebek ternyata juga merupakan sebuah komoditas ekspor yang harganya cukup tinggi. harga satu kilo ikan kerapu bebek mencapai 400 ribu rupiah. Maka pantas saja jika saat ini mulai banyak petani ikan atau nelayan yang mencoba mengembangkan usaha ini.

Melalui tulisan ini, kami akan memberikan beberapa arahan tentang teknik budidaya ikan kerapu bebek yang dapat menjadi salah satu masukan bagi Anda yang ingin menjalankan usaha budidaya ikan ini. Cara budidaya ikan kerapu bebek memang akan terasa sedikit rumit bagi Anda yang belum terbiasa atau masih baru dalam usaha tersebut. Akan tetapi dengan mempelajari teknik beternak ikan kerapu bebek secara sungguh-sungguh, kita akan mengerti dan mulai terbiasa setelah mencobanya.

Persiapan Peralatan Budidaya Kerapu Bebek

Metode budidaya yang akan kita bahas di sini yaitu dengan menggunakan jaring apung sebagai wadah ataupun tempat budidayanya. Dengan beberapa pertimbangan, menggunakan jaring apung dinilai lebih praktis. Peralatan yang perlu disediakan diantaranya yaitu keramba jaring apung yang berukuran 2 meter panjang x 2 meter lebar x 2 meter kedalaman. Mata jaring yang dipakai sebaiknya yang berukuran ½ inchi atau ¼ inchi. Sedangkan jumlah keramba jaring apung yang akan dipakai bisa disesuaikan sendiri dengan jumlah ikan yang akan dipelihara.

Penanaman Benih Kerapu Bebek

Berikut ini kita akan mulai memasuki pembahasan tentang cara beternak kerapu bebek. Benih atau bibit ikan kerapu bebek bisa diperoleh dari sentra-sentra penyedia benih ikan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam memilih benih yang baik sehingga hasil panen bisa bagus. Pembibitan bisa dilakukan dengan menebar benih-benih ikan ke dalam keramba yang telah kita siapkan. Untuk satu keramba dengan ukuran yang telah disebutkan tadi, kita bisa menebar benih ikan sebanyak kurang lebih 200 ekor.

Pemeliharaan dan Pembesaran Kerapu Bebek

Pemeliharaan kita lakukan dengan terus mengawasi perkembangan ikan yang kita pelihara. Kita juga perlu menjaga mereka dari gangguan hama pemangsa. Salah satu keuntungan budidaya kerapu bebek dengan keramba jaring apung yaitu kita tidak perlu kesulitan mengupayakan sirkulasi air agar kualitas air terus terjaga.

Selanjutnya proses pembesaran ikan bisa kita lakukan dengan menjaga asupan nutrisi ikan supaya selalu seimbang. Kita perlu memberikan pakan secara teratur, bisa dua sampai tiga kali sehari. Untuk memasok kebutuhan nutrisi ikan agar cepat besar ukurannya maka kita bisa memberikan pelet ikan secara teratur.

Langkah penting selanjutnya yang juga perlu dilakukan yaitu selalu mengamati ukuran ikan dan juga memeriksa kondisi ikan dari waktu ke waktu. Upaya ini bisa kita lakukan dengan mengambil beberapa contoh untuk diukur dan diperiksa kondisinya. Beberapa faktor yang dapat menggagalkan panen kerapu bebek yaitu faktor serangan hama penyakit, faktor bencana alam, maupun faktor keamanan lingkungan. Maka dari itu kita harus mewaspadai ketiga hal tersebut. itulah beberapa hal yang bisa kita pelajari di sini mengenai cara ternak ikan kerapu bebek.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Ikan Kerapu Bebek"

Leave a comment