Mudahnya Cara Budidaya Hamster

Hamster, siapa sih yang tidak kenal dengan hewan mungil nan imut yang satu ini? Banyak sekali pecinta binatang khususnya para kaum wanita yang tertarik memelihara binatang pengerat tersebut. Namun pasti Anda juga akan bertanya-tanya darimana para pemilik toko hewan peliharaan maupun para penjual hamster mendapatkan pasokan hamster sebanyak itu. Darimana lagi kalau bukan dari para pembudidaya hamster sendiri yang memang dengan sengaja beternak hamster untuk tujuan didistribusikan langsung khususnya ke para penjual hamster atau ke pemilik toko hewan peliharaan yang tersebar di beberapa tempat.

Cara Pemeliharaan

Jika Anda tertarik untuk menjalani usaha budidaya hamster maka jangan ragu-ragu lagi karena cara ternak hewan mungil ini tergolong cukup mudah dan pada kondisi yang bersih. Hamster sendiri biasanya dipelihara di dalam kandang jadi cukup aman dan dapat dikendalikan dengan baik. Kandang yang digunakan pun mudah dicari ataupun jika Anda sempat, Anda bisa membuatnya sendiri sehingga dapat memperkecil modal yang perlu disediakan. Kandang yang digunakan biasanya terbuat dari kawat atau juga kotak yang terlihat seperti aquarium yang terbuat dari kaca sehingga Anda bisa memantaunya setiap saat dan inilah mengapa cara budidaya hewan lucu ini terbilang cukup praktis.

Sebenarnya jika kita berbicara soal teknik budidaya atau teknik-teknik yang lain, tidak ada aturan yang baku yang bisa kita terapkan karena untuk memelihara hamster sendiri tidak diperlukan cara yang terlalu rumit dan spesifik. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam teknik beternak hamster hanyalah masalah kebersihan, keteraturan pemberian makan dan juga menjaga agar hamster sendiri tidak cepat bosan karena hanya akan membuat hamster mudah stress dan akhirnya mati kebosanan jadi jangan lupa juga untuk menaruh mainan tertentu untuk membuat hamster tidak bosan.

Jenis-jenis Hamster

Cara beternak hamster sebenarnya juga cukup dipengaruhi dengan jenis hamster yang kita budidayakan. Ada banyak jenis hamster yang umumnya dibudidayakan untuk diperjualbelikan. Yang paling sering kita jumpai biasanya adalah jenis Hamster Syrian dan juga Hamster Kerdil dari Rusia. Hamster Syria sendiri berasal dari padang pasir di kawasan Timur Tengah. Si mungil dari Syria ini di habitat aslinya hidup dalam liang-liang di bukit-bukit pasir. Dan satu hal yang sangat perlu diperhatikan jika Anda ingin membudidayakan jenis ini adalah janganlah sekali-kali menempatkan dua ekor hamster di dalam satu kandang karena ada kemungkinan besar jika mereka akan saling serang.

Selain Hamster Syria, ada juga Hamster Campbell dan juga Hamster Roboroski yang sering dibudidayakan walaupun permintaan tidak sebanyak Hamster Syria. Cara merawat jenis-jenis hamster yang telah disebutkan di atas pada umumnya hampir mirip jadi ada juga beberapa sifat-sifat dari tiap jenis hamster yang cukup spesifik yang harus diperhatikan oleh peternak seperti sifat Hamster Syria yang telah dijelaskan di atas.

Pakan yang umumnya diberikan pada hamster adalah biji-bijian dan juga sayuran mulai dari jagung, beras, nasi, roti, sampai wortel, buncis, timun, dan lain sebagainya. Namun tentu saja makanan-makanan tersebut hanyalah suplemen bagi hamster Anda karena sebenranya makanan utama yang harus diberikan adalah makanan kemasan yang sering dijual di toko-toko hewan peliharaan yang sudah lengkap gizinya. Dan mungkin jika memungkinkan, Anda juga dapat memberikan hewan ternak Anda ini vitamin sehingga mereka akan selalu dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

Be the first to comment on "Mudahnya Cara Budidaya Hamster"

Leave a comment