1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Entok yang Mudah


Pada saat sekarang ini pekerjaan sampingan memang sangat diperlukan karena penghasilan dari pekerjaan utama pun kadang-kadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi jika hanya kepala rumah tangga saja yang bekerja. Anda harus pintar-pintar memutar otak untuk mencari usaha sampingan yang kira-kira cocok dan dapat dijalankan beriringan dengan pekerjaan utama Anda. Memang banyak sekali jenis usaha sampingan yang bisa Anda pilih namun menurut survei, ternyata usaha ternak unggas lah yang akhir-akhir ini marak diminati masyarakat disamping karena kita tidak perlu takut lagi dengan wabah flu burung, waktu yang Anda perlukan untuk mengurusi usaha ini pun bisa sangat fleksible dan dapat disesuaikan dengan jadwal Anda sehari-hari.

Mengapa Beternak Entok?

Tentu saja banyak sekali jenis unggas yang bisa Anda ternakkan dari ayam, itik atau bebek, dan juga entok. Dari ketiga jenis unggas yang tersebut di atas, mungkin hanya entok yang sedikit asing di telinga Anda. Namun jika ditilik lebih lanjut ternyata memelihara entok sedikit lebih menguntungkan dibanding beternak bebek atau ayam karena masih jarang sekali orang yang beternak entok walaupun permintaan akan daging unggas ini terbilang cukup banyak.

Selain besarnya peluang bisnis budidaya entok ternyata cara ternak entok pun juga tergolong cukup mudah dan juga praktis. Tentu saja ada banyak alasan mengapa para pencari usaha sampingan melirik entok sebagai target usaha. Salah satunya adalah masalah pakan yang sangat irit dan ini pastilah juga akan berimbas pada cara budidaya yang akan semakin mudah karena peternak tidak perlu kesana-kemari untuk mencarikan pakan untuk si entok.

Selain pakan yang terbilang lumayan irit tenyata masih ada lagi beberapa alasan yang mebuat masyarakat cukup tertarik dengan usaha beternak entok atau yang sering disebut sebagai itik manila ini. Beberapa alasannya antara lain karena permintaan akan bebek entok yang lumayan tinggi serta mudahnya pemasaran atau promosi usaha apalagi jika pengusaha berinisiatif menggunakan internet sebagai media promosi sekaligus pemasaran.

Cara Beternak Entok

Modal awal yang dibutuhkan juga terbilang sangatlah terjangkau untuk ukuran bisnis rumahan karena uang yang perlu Anda keluarkan untuk pertama kalinya hanya pada kisaran kurang dari lima ratus ribu. Uang sejumlah itu mungkin bisa Anda dapatkan dari tabungan Anda atau mungkin Anda dapat meminjam dari orang dekat yang dapat dipercaya.

Dari modal awal tersebut Anda akan dapat membeli beberapa ratus ekor anak atau bibit entok yang biasanya dijual dengan harga tiga ribu rupiah per ekor. Namun yang perlu diperhatikan adalah teknik budidaya anakan entok pastilah agak berbeda dengan teknik beternak entok yang sudah dewasa.

Cara beternak unggas yang satu ini pun memang sangatlah mudah karena tidak diperlukan teknik-teknik tertentu seperti ketika kita beternak hewan lain. Yang perlu Anda perhatikan adalah jadwal pemberian pakan dan jenis-jenis penyakit unggas. Ini tentu saja perlu diperhatikan karena akan berdampak langsung pada kesehatan entok khususnya entok pedaging yang ketika terkena penyakit akan menyusut beratnya sehingga kemungkinan Anda akan menanggung rugi pun juga akan semakin besar.

Tiga hal utama yang harus menjadi perhatian Anda jika Anda ingin beternak entok yaitu pakan, kesehatan entok, dan juga kondisi kandang. Peternak mungkin tidak perlu terlalu sering membersihkan kandang namun tetap harus dicek karena kandang yang kotor bisa menjadi sarang penyakit.

←More from Budidaya Ternak

↑ Back to Top