Cara Budidaya Durian Montong nan Lezat

Siapa yang tidak kenal dengan buah durian? Ya, buah yang satu ini memang sudah sangat populer di Indonesia dan juga di mancanegara. Kulit durian yang sangat tajam dan dapat menyakitkan ternyata berbanding terbalik dengan rasa buah yang ada di dalamnya. Durian memiliki cita rasa yang sangat khas dan disukai oleh banyak orang, meskipun ada juga beberapa orang yang mengaku tidak tahan dengan bau buah durian yang membuat kepala pusing. Akan tetapi bagi para pecinta buah yang satu ini, aroma durian justru terasa sangat nikmat ketika dicium.

Ada beragam jenis buah durian yang bisa kita temui. Berbeda jenis durian, maka berbeda pula rasanya. Ada jenis durian yang rasanya sangat manis dan ada pula jenis durian yang memiliki rasa pahit karena mengandung kadar alkohol yang lebih tinggi, namun apabila Anda tidak hati-hati dalam memilih maka bisa juga Anda mendapatkan durian yang rasanya kurang nikmat. Salah satu jenis buah durian yang paling istimewa yaitu jenis durian montong. Asalkan sudah matang saja, durian montong rasanya pasti akan nikmat.

Durian Montong yang Populer

Durian montong telah dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Durian jenis ini berasal dari negara Thailand. Saat ini kita semua bisa menjumpai durian montong di berbagai mall dan supermarket yang mendatangkan langsung buah ini dari negara asalnya. Namun di beberapa tempat, ada juga beberapa orang yang mencoba untuk membudidayakannya, dan ternyata hasilnya sangat lumayan. Harga durian montong yang cukup mahal membuat usaha budidaya durian jenis ini menjadi peluang bisnis yang bisa sangat menguntungkan, terutama bagi Anda sekalian yang gemar bercocok tanam.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba membudidayakan durian montong? Bagi Anda yang tertarik, berikut ini akan kita bahas beberapa hal mengenai cara budidaya durian montong. Jika Anda ingin usaha budidaya yang hendak Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar, maka Anda perlu memperhatikan hal-hal penting dalam budidaya durian montong. Beberapa diantaranya yaitu mulai dari cara pembibitan, cara menanam, cara merawat ataumemelihara pohonnya, hingga cara memanennya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda dalam budidaya durian montong.

Tips Budidaya Durian Montong

Tips yang pertama yaitu pilihlah lahan yang cocok untuk budidaya durian montong. Mengenai kriteria lahan yang cocok, akan kita pelajari bersama di dalam sub judul berikutnya. Selanjutnya yaitu kita juga harus menanampohon durian montong dari bibit yang benar-benar baik, untuk itu sangat penting bagi kita untuk mendapatkan bibit unggul dari pihak-pihak yang terpercaya. Kemudian tips yang berikutnya adalah kita harus mempelajari betul-betul teknik budidaya durian montong sehingga usaha kita bisa berjalan dengan baik. Dan yang terakhir, penting juga bagi kita untuk tahu teknik memasarkannya.

Persiapan Lahan dan Pembibitan Durian Montong

Lahan yang ideal bagi tanaman atau pohon durian montong yakni yang terletak pada ketinggian antara 50 hingga 600 mdpl dengan suhu rata-rata yakni sekitar 22 hingga 30 derajat celcius. Tanah lempung berpasir yang memiliki kandungan organik tinggi adalah jenis yang sangat pas untuk menanam pohon durian montong. Persiapan lahan dilakukan dengan membersihkan lahan dari tanaman-tanaman pengganggu seperti gulma, alang-alang, dan tumbuhan-tumbuhan lain yang tidak perlu. Untuk pembibitan, maka kita bisa memesan bibit dari tempat yang terpercaya, seperti misalnya dinas pertanian.

Cara Menanam Pohon Durian Montong

Cara tanam atau teknik menanam durian montong cukup sederhana, namun kita tetap harus melakukannya dengan penuh konsentrasi supaya hasilnya sempurna. Cara menanam durian montong, mula-mula kita membuat lubang tanam di lahan yang telah kita persiapkan dengan diameter sekitar 50 cm persegi. Selanjutnya diamkan selama dua minggu sebelum dipupuk dengan pupuk kandang matang dan Dolomit dengan jumlah cukup. Kemudian, penanaman bibit baru bisa kita lakukan kurang lebih sepuluh hari setelah pemupukan. Saat menanam yang baik yaitu pada musim hujan, dan jarak tanam yang ideal yakni sekitar 10 m persegi.

Cara Memelihara Pohon Durian Montong

Perawatan dilakukan dengan melakukan pengairan dan pemupukan secara rutin. Selanjutnya, ketika pohon durian telah mencapai ketinggian hingga 5 meter maka pucuknya perlu kita pangkas. Selain itu, setelah pohon durian tumbuh besar, kita perlu membersihkannya dari benalu-benalu dan hama pohon durian. Untuk meningkatkan efektifitas buah durian yang akan dihasilkan, maka ranting-ranting tertutup yang tidak kena sinar matahari sebaiknya kita pangkas, karena pembungaan pohon durian terjadi dengan pencahayaan sinar matahari.

Jika ranting-ranting telah berbunga, maka kita perlu membantu proses penyerbukan supaya buah durian yang dihasilkan jumlahnya maksimal. Proses ini bisa dilakukan dengan menyapukan kuas halus secara perlahan pada bunga yang mekar di malam hari, dengan demikian akan semakin banyak putik yang dapat bertemu serbuk sari. Kemudian setelah buah durian berdiameter sekitar 5 cm, penyeleksian perlu kita lakukan. Sisakan buah-buah terbaik dengan jarak kurang lebih 30 cm. Setelah buah mulai matang, kita perlu mengikatnya supaya ketika jatuh buah tidak rusak. Demikian cara budidya durian montong.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Durian Montong nan Lezat"

Leave a comment