1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Walet Rumahan


Sarang walet dikenal memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Karena harganya yang sangat mahal, tidak jarang orang-orang memburu sarang burung walet yang secara umum letaknya sangat sulit untuk dijangkau. Mereka rela mempertaruhkan nyawanya untuk mencapai tempat-tempat yang sangat sulit, seperti gua-gua yang sangat tinggi, untuk bisa memanen sarang walet yang sangat bernilai tersebut.

Peluang Bisnis Sarang Walet

Apabila kita berminat untuk berbisnis sarang burung walet, sebenarnya kita tidak selalu harus mempertaruhkan nyawa untuk mengambil sarang-sarang walet di dalam gua. Akan tetapi kita bisa mengembangkan budidaya walet rumahan, dimana kita hanya perlu menyiapkan rumah atau gedung yang akan dipakai oleh burung walet untuk membuat sarang. Di sini kita akan membicarakan tips tentang cara budidaya sarang walet rumahan.

Pemilihan Lokasi Rumah Walet

Supaya berhasil, kita perlu mempelajari teknik budidaya sarang walet rumahan dengan seksama, karena ada juga beberapa pengusaha yang telah membuat rumah walet namun tidak berhasil menarik para burung walet untuk membuat sarang di dalamnya. Kegagalan tersebut kemungkinan besar terletak pada pemilihan lokasi. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui kriteria lokasi yang paling ideal untuk budidaya walet rumahan.

Kriteria lokasi yang paling ideal diantaranya yakni, pertama, jauh dari keramaian atau pemukiman penduduk. Kemudian lokasi yang dekat dengan area persawahan, rawa-rawa, sungai besar, pantai, danau, hutan terbuka, dan sebagainya merupakan tempat yang sangat ideal. Akan tetapi kita perlu tahu juga bahwa lokasi yang kita pilih hendaknya tidak terdapat koloni burung-burung buas pemangsa. Kemudian lokasi yang ideal yakni terletak di ketinggian maksimal 1000 meter dari permukaan laut.

Mengatur Suasana Rumah Walet

Faktor keberhasilan selanjutnya yakni ditentukan oleh bagaimana kita mengkondisikan gedung atau rumah walet kita. Ini adalah salah satu hal paling penting berikutnya di dalam teknik beternak walet rumahan yang harus kita perhatikan. Pada intinya, kita harus mengkondisikan rumah walet yang kita sediakan dengan keadaan yang menyerupai habitat alami mereka di dalam gua. Kita harus memperhatikan tingkat kelembaban udara, tingkat pencahayaan, dan juga tingkat suhu udara di dalam rumah walet hingga menyerupai keadaan di dalam gua.

Pengaturan kelembaban dan suhu udara bisa kita lakukan dengan membuat kolam-kolam yang berisi air di dalam rumah walet. Suhu udara yang ideal untuk menarik burung-burung walet agar mau bersarang yakni sekitar 25 derajat celcius, sementara kelembaban udaranya yaitu sekitar 90%. Untuk tempat keluar masuk burung, kita bisa membuat lubang-lubang di bagian atas dinding rumah walet. Sementara lubang-lubang untuk ventilasi udara tetap harus disediakan, namun harus kita atur sedemikian rupa sehingga kondisi di dalam rumah walet tetap gelap.

Cara Beternak Walet Rumahan

Cara beternak burung walet memang susah-susah gampang. Untuk menarik perhatian burung agar mau bersarang di dalam rumah walet kita, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Yang pertama yaitu membuat tumpukan-tumpukan jerami yang akan dihuni oleh hewan-hewan kecil yang menjadi pakan burung walet. Kemudian memutar tape yang memperdengarkan suara burung walet setiap pukul 4 sore hingga pukul 6 sore.

Jika para burung telah bersarang di dalam rumah, maka kita tinggal menunggu saat panen tiba dan mengambil sarang-sarang mereka. Jika kita ingin mengembang biakan burung walet, cara ternak walet cukup sederhana dan bisa dimulai sembari memanen sarang. Biasanya ketika panen, ada dua butir telur di dalam sarang. Kita bisa menetaskan telur-telur tersebut. Cara memelihara anak burung walet yang baru menetas yakni dengan disuapi kroto tiga kali sehari, diberikan penghangat yang stabil, dan mulai bisa dilepaskan di dalam rumah walet kita pada malam hari setelah berumur sekitar 40 hari.

←More from Budidaya Burung

↑ Back to Top