Cara Budidaya Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan tanaman hias yang masuk dalam kategori atau genus Rosa. Bunga mawar memiliki banyak macam warna, batang kayu berduri, dan aroma bunga yang harum. Biasanya bunga mawar memiliki tinggi rata-rata dua meter hingga lima meter tetapi jika bunga mawar tumbuh merambat di tanaman lain tinggi bunga mawar bisa mencapai dua puluh meter. Daun bunga mawar biasanya memiliki panjang 5cm – 15cm. Tanamanbunga mawar merupakan tanaman dikotil atau tanaman yang memiliki biji berkeping dua dan mempunyai sistem akar tunggang. Mahkota pada bunga mawar biasanya terdiri dari lima helai daun mahkota. Diantara daun mahkota dan daun kelopak terdapat ovari yaitu bakal buah tanaman mawar. Bunga mawar tumbuh subur di daerah subtropis atau daerah yang memiliki empat musim yaitu musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim dingin. Akan tetapi, saat ini bunga mawar juga telah banyak dibudidayakan di daerah-daerah beriklim tropis.

Bunga Mawar

Gambar Bunga Mawar

Bunga Mawar Semakin Populer

Bunga mawar adalah salah satu bunga favorit dan banyak dibudidayakan untuk tujuan komersil. Bunga mawar sangat populer, banyak disukai oleh orang, dan bahkan bunga mawar dijadikan sebagai simbol cinta dan kasih sayang. Bunga mawar juga banyak digunakan sebagai hiasan di berbagai macam acara. Pohon atau tanaman mawar juga  merupakan tanaman hias favorit yang banyak ditanam di taman-taman. Keindahan bunga mawarternyata juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, diantaranya dapat mengobati luka bakar, meningkatkan kolagen, menjaga kesehatan rambut, dan lain-lain. Budidaya bunga mawar bisa kita lakukan dengan mudah karena bisa kita tanam di pot maupun lahan khusus atau kebun.

Budidaya Bunga Mawar

Membudidayakan bunga mawar tidak sesulit yang kita kira. Asal kita tahu teknik budidaya mawar yang benar, tanaman bunga mawar bisa tumbuh dengan subur. Cara budidaya mawar bisa dilakukan di dalam pot atau di kebun.Cara tanam tanaman bunga mawar dimulai dari memilih bibit atau benih mawar yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Mawar bisa dibudidayakan dengan cara cangkok, setek, biji, penyambungan,dan okulasi. Lokasi tanam yang ideal untuk bunga mawar adalah lokasi yang tidak banyak terkena terpaan angin, terkena langsung cahaya matahari, dan bersih dari rumput-rumput liar. Cari lokasi tanah yang subur kemudian diberipupuk, humus, atau kompos. Tanaman mawar tidak suka dengan tanah yang tergenang oleh air dan bila media tanam berupa tanah liat terdapat perbandingan komposisi 1:1:1 antara tanah, pupuk, dan pasir.

Cara menanam mawar juga tidak boleh sembarangan. Jika bunga mawar di tanam di pot, lubangi dulu dasar pot sehingga tanah di dalam pot tidak tergenang oleh air. Kemudian pot dibasahi secukupnya dengan air lalu isi dasar pot dengan pecahan bata, arang, atau genteng (tebal ± 1cm). Langkah selanjutnya adalah isi pot dengan campuran tanah, pupuk, dan pasir, komposisi pengisian pot 1:1:1 (pot diisi sampai dengan 90% saja). Jika bunga mawardi tanam di lahan atau kebun, sebaiknya terdapat jarak antar tanaman mawar. Untuk tanaman mawar potong, jarak antar tanaman adalah sekitar 50 cm. Sedangkan untuk tanaman mawar yang merambat, jarak antar tanaman adalah sekitar 1-2 meter. Merawat tanaman mawar dapat dilakukan dengan cara menyiram tanaman setiap hari pagi atau sore, sesekali tanah digemburkan, dan diberi pupuk. Bersihkan pot atau kebun dari gulma. Pangkas daun atau dahan tanaman yang kering dan bunga yang sudah layu maka tanaman mawar dapat tumbuh sumbur dan berbunga dengan indah.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Bunga Mawar"

Leave a comment