Cara Budidaya Bunga Matahari

Bunga matahari adalah bunga yang berasal dari sebuah tanaman hias yang biasa disebut dengan pohon atau tumbuhan bunga matahari. Penamaan bunga matahari diambil dari bentuk bunga yang menyerupai matahari. Ciri-ciri bunga matahari yang telah mekar dengan sempurna yakni berbentuk bundar dengan sisi-sisi pinggir memiliki kelopak bunga berwarna kuning dan ditengahnya terdapat bagian yang berwarna lebih gelap. Kombinasi warna gelap di tengah dan kuning terang di bagian pinggirnya menjadikan bunga ini terlihat sangat indah. Tanaman ini tidak menghasilkan buah, tapi bijinya bisa diolah menjadi makanan.

Bunga Matahari

Gambar Bunga Matahari

Manfaat Bunga Matahari

Disamping bisa dimanfaatkan sebagai bunga hias, bunga matahari ternyata memiliki beragam fungsi yang sangat baik bagi kesehatan. Semua bagian dari tanaman bunga matahari ternyata bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Bunga matahari diketahui sangat bagus untuk menurunkan penyakit darah tinggi dan juga mengurangi rasa sakit atau nyeri. Bagian batang tanaman memiliki sumsum yang mengandung nutrisi tertentu yang berkhasiat untuk menyembuhkan kanker dan juga melancarkan saluran kemih.

Selanjutnya biji bunga matahari bisa kita olah menjadi salah satu makanan ringan yang sudah sangat terkenal dan pastinya bisa dengan mudah kita jumpai di sekitar kita sekarang, yakni kwaci. Kwaci bukan hanya sekedar makanan ringan, akan tetapi memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan, beberapa diantaranya yaitu bisa mengobati disentri, influenza, demam, dan juga bisa meningkatkan nafsu makan. Bagian daun biasanya bisa dijadikan makanan ternak ataupun untuk mengobati malaria dan juga peradangan. Lalu bagian akarnya berkhasiat untuk mengobati batu ginjal dan keputihan.

Teknik Budidaya Bunga Matahari

Budidaya bunga matahari bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat, mengingat manfaat dari tanaman ini sungguh besar. Jika Anda ingin membudidayakan tanaman ini sebagai lahan bisnis ataupun untuk sekedar tanaman hias di taman Anda, berikut akan kita ulas bersama pembahasan tentang teknik budidaya bunga matahari di tulisan ini. Tanaman bunga matahari akan dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam dengan cara menanam yang benar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terlebih dahulu belajar cara budidaya bunga matahari daripada hanya asal menanam.

Pemilihan Lahan

Lokasi lahan kiranya tidak menjadi masalah bagi Anda yang ingin mengembangkan tanaman ini karena tanaman bunga matahari bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi hingga di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Yang terpenting adalah lahan tersebut harus subur dan mendapatkan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Akan tetapi jika Anda berniat membudidayakan tanaman ini untuk bisnis, lokasi yang paling ideal agar hasilnya optimal yaitu pada tempat yang memiliki kelembaban udara cukup tinggi di dataran tinggi atau pegunungan.

Pembibitan Tanaman Bunga Matahari

Pembibitan tanaman bunga matahari dilakukan dengan benihnya yang berupa biji-biji bunga matahari. Tahap awal penanaman yaitu dengan menyemaikan benih-benih tersebut di dalam pot ataupun lahan persemaian sebelum dipindah ke lahan yang sebenarnya. Bibit terlebih dahulu disemaikan hingga tumbuh kecambah yang tingginya sekitar 15 cm atau 20 cm. Bisasanya proses ini akan memakan waktu selama kurang lebih 10 hari saja. Selanjutnya, bibit-bibit tersebut baru bisa dipindahkan ke lokasi atau lahan tanam.

Cara Menanam

Cara tanam bibit-bibit yang sudah siap cukup sederhana. Beberapa minggu sebelumnya tentunya tanah sudah harus kita gemburkan dan kita pupuk. Selanjutnya kita siapkan lubang-lubang tanam dengan jarak kira-kira 1 meter x 1 meter. Bibit-bibit yang telah siap tanam kita masukan ke dalam lubang-lubang tanam dan ditimbun bagian akarnya dengan tanah secukupnya. Selanjutnya kita harus rutin mengairi lahan dan juga melakukan proses pemupukan supaya tanaman dapat berkembang dengan sempurna.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Bunga Matahari"

Leave a comment