Cara Budidaya Sirsak

Sirsak adalah salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di Indonesia. Buah ini terkenal akan kesegarannya dan dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan bahan untuk membuat jus. Ada banyak sekali jenis sirsak yang bisa ditemukan di Indonesia. Diantara sekian banyak jenis sirsak, terdapat dua jenis yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Buah Sirsak

Gambar Sirsak

Jenis-jenis Sirsak di Indonesia

Pertama adalah sirsak madu. Sirsak jenis ini terkenal akan rasanya yang lebih manis jika dibandingkan dengan jenis sirsak lain. Tekstur daging buahnya pun sangat lembut dan segar. Tak heran jika sirsak madu sering dijadikan hidangan pencuci mulut ataupun dijadikan jus.

Jenis sirsak lain yang populer adalah sirsak ratu. Nama sirsak ratu didapat dari wilayah penyebaran tanaman ini yang biasa ditemukan di sekitar daerah Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Ukuran sirsak ratu bermacam-macam dengan tekstur daging buah yang bertepung dan terasa manis. Seperti sirsak madu, jenis sirsak ratu juga sangat cocok untuk dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun dijadikan jus.

Melihat potensi dari buah sirsak yang sangat menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan tanaman ini sendiri, baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk tujuan bisnis.

Karakteristik Tanaman Sirsak

Sebelum memulai untuk membudidayakan tanaman sirsak, ada baiknya anda mengetahui karakteristik dari tanaman ini. Buah sirsak biasanya berwarna hijau gelap apabila telah matang. Kulit buah memiliki tekstur licin dengan banyak duri yang terdapat pada permukaannya. Tanaman ini bisa ditemukan di daerah hutan hujan yang tersebar di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Meskipun pada awalnya tanaman ini merupakan tanaman liar, saat ini tanaman sirsak telah dibudidayakan secara luas di kalangan masyarakat.

Pohon sirsak memiliki daun berbentuk bulat telur dengan ujung berbentuk lancip. Permukaan daun berwarna hijau mengkilap sementara buahnya berbentuk bulat lonjong menyerupai bentuk hati. Selain digunakan sebagai hidangan pencuci mulut atau bahan pembuat jus, buah sirsak juga dikenal akan khasiatnya sebagai obat herbal. Kandungan gizi dalam buah sirsak juga cukup tinggi menjadikan buah ini sebagai salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

Pembibitan

Saat ini semakin banyak orang yang mempelajari mengenai teknik budidaya sirsak mengingat manfaatnya yang sangat berlimpah. Jika anda ingin mencoba untuk membudidayakan tanaman ini, hal pertama yang harus anda pelajari adalah cara mendapatkan bibit sirsak dan teknik penanaman yang sebaiknya digunakan.

Bibit sirsak dapat diperoleh melaui dua cara yaitu melalui persemaian biji sirsak atau melalui teknik pencangkokan. Anda juga harus memperhatikan jarak tanam ideal antara pohon sirsak yang satu dengan yang lain. Jarak ideal pada cara menanam sirsak yang baik adalah 3 x 4 m atau 4 x 6 meter, tergantung dari varietas sirsak yang dibudidayakan serta ukuran lahan.

Perawatan Tanaman

Selain cara tanam yang baik, hal lain yang perlu diperhatikan ketika membudidayakan tanaman sirsak adalah perawatan tanaman serta pemeliharaan lahan. Menjaga kesuburan tanah serta memelihara lahan dengan baik adalah sangat penting untuk menjaga kualitas buah sirsak yang dihasilkan. Pastikan daerah sekitar pangkal pohon terbebas dari gulma. Anda juga harus memperhatikan pengairan lahan karena sirsak adalah tanaman yang sangat rentan terhadap kondisi kering.

Pemupukan

Pemupukan yang baik juga sangat dianjurkan dalam cara budidaya tanaman sirsak. Anda dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk NPK dengan dosis kecil yang dapat diberikan sebanyak beberapa kali dalam kurun waktu satu tahun. Memotong cabang pohon sirsak juga diperlukan untuk menjaga kualitas tanaman.

Pemberantasan Hama

Selain itu anda juga harus menjaga tanaman sirsak dari berbagai jenis hama dan penyakit yang bisa menyerang dan merusak tanaman sirsak yang anda budidayakan. Sebagian besar hama sirsak dapat diberantas dengan cara konvensional tanpa menggunakan obat anti hama. Sebagai contoh, anda dapat membungkus buah sirsak dengan menggunakan kantung plastik atau kertas untuk melindunginya dari hama lalat buah.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Sirsak"

Leave a comment