1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Buah Manggis


Info seputar cara budidaya buah manggis bisa anda dapatkan disini. Buah manggis merupakan salah satu buah yang berasal dari semenanjung Malaysia. Buah yang satu ini juga menjadi pusat sumber Plasma Nutfah di Kalimantan timur dan juga Malaysia. Buah yang memiliki nama latin Garcinia Mangostana ini berasal dari famili Guttiferae. teknik budidaya buah manggis sangat cocok dilakukan di tempat yang berada dalam lingkup dataran rendah sampai dengan ketinggian 600 m dpl yang memiliki iklim basah yang bagus. Tanaman yang satu ini juga cocok untuk ditanam di tempat yang bersuhu 20 hingga 30 derajat celcius. Ph yang dimiliki oleh tanah juga harus berkisar antara 5 sampai 7.

Proses Penanaman Buah Manggis

Berikut ini adalah cara tanam dari buah manggis. Tanaman yang satu ini biasanya akan mulai berbuah pada umur sekitar 8 hingga 15 tahun. Proses penanaman yang dilakukan bisa menggunakan metode enten. cara menanamyang satu ini biasanya disebut juga sebagai sambung pucuk. Untuk batang atas, harus dilakukan penyemaian pada buah manggis yang umurnya sudah 1 sampai dua tahun. Bibit vegetatif pada tanaman ini akan mulai berbuah di umurnya yang sudah mencapai 5 sampai dengan 6 tahun. Untuk melakukan perbanyakan tanaman pada buah manggis ini bisa dilakukan dengan melakukan proses okulasi.

Memperhatikan penanaman pohon manggis juga perlu karena daun dari buah ini sangat peka terhadap pancaran sinar matahari yang langsung. Maka dari itu tanaman manggis akan lebih baik ditanam di daerah yang iklimnya lembab sampai dengan yang iklimnya agak kering. Tanaman manggis ini juga akan masih mampu untuk hidup asalkan air tanahnya agak dangkal dan cocok untuk iklim yang basah. Perlu diketahui pula bahwa bibit yang baru dipindahkan di kebun juga harus diberi sebuah naungan yang mana akan berfungsi untuk membuat pertumbuhannya semakin baik. Jika tidak perkembangan buah ini akan semakin susah dan daun-daunnya akan terbakar akibat terkena sinar matahari langsung. Selain menggunakan okulasi, anda juga bisa menggunakan kultur jaringan untuk melakukan perbanyakanan tanaman manggis ini.

Pemupukan dan Panen Buah Manggis

Tanaman buah manggis harus ditanam menjelang musim hujan di lubang yang berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. Memperhatikan jarak tanam untuk masing-masing buah manggis juga harus diperhatikan. Pupuk yang nantinya digunakan untuk memupuk tanaman ini adalah pupuk kandang yang telah jadi dan disebar ke 20 kg untuk setiap lubangnya. Bibit yang tumbuhnya condong juga tidak boleh dibiarkan. Bibit yang condong tersebut harus dipasangi tonggak penegak. Sedangkan bibit yang baru dipindah – seperti yang telah dijelaskan diatas – harus diberi naungan yang berbentuk daun kelapa dan juga daun jerami.

Proses pembibitan untuk buah manggis ini juga harus dilakukan pada musim yang produktif untuk mereka. Pupuk buatan yang nanti diguanakan untuk membantu proses pembibitan semakin cepat memberikan hasil adalah 60 gram + 50 gram TSP + 25 gram KCl untuk setiap pohonnya. Pemupukan ini diberikan 4 kali dengan selang 3 bulan sekali pada tahun pertama pertumbuhan buah manggis ini. Pada saat melakukan panen, anda bisa memetik buah manggis yang warnanya sudah merah kehitaman. Umur dari buah tersebut juga setidaknya harus 120 hari setelah bunga dari pohon manggis ini mekar. Buahnya juga harus dipanen satu persatu. Mengangkut manggis yang dipanen juga harus hati-hati. Karena ini bisa menimbulkan memar dan warna cokelat pada buah tersebut.

Send to Kindle
More from Budidaya Buah
Back to Top