Cara Budidaya Belimbing di Halaman dengan Pot

Belimbing adalah satu buah unik yang banyak kita temui di Indonesia. Belimbing adalah jenis buah tropis yang bentuknya menyerupai bintang jika dipotong. Belimbing banyak diminati sebagai buah segar maupun jus buah karena struktur daging yang lembut agak kenyal serta mengandung banyak air. Pohon belimbing sering dibudidayakan dikebun dan dihalaman. Tanaman ini selain sebagai perindang halaman juga bisa memberi tambahan asupan vitamin bagi keluarga karena belimbing mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.  Buah belimbing manis dan sangat berair yang membuat buah ini enak dimakan begitu saja. Ada banyak jenis belimbing salah satunya adalah belimbing wuluh. Belimbing jenis ini sangat asam dan bahkan bisa membuat orang bergidik karena rasanya yang luarbiasa masam. Namun bagi sebagian besar orang, buah belimbing jenis ini justru dibuat manisan yang sangat enak rasanya. Kembali ke buah belimbing manis yang sangat menggoda, anda bisa mengembangkan belimbing jenis ini tidak saja dihalaman yang luas namun juga di dalam pot.

Belimbing

Gambar Belimbing

Menanam Belimbing didalam Pot

Menanam belimbing dalam pot tidak begitu susah untuk dilakukan karena secara umum teknik budidaya belimbing dalam pot hampir sama dengan budidaya tabulampot yang lainnya. Yang terpenting adalah anda tahu cara menanam yang benar serta perawatan yang harus dilakukan. Ada banyak keuntungan menanam tanaman dalam pot diantaranya adalah hemat tempat. Jika anda tidak punya halaman, bertanam dalam pot bisa merindangkan teras anda dan sekaligus mempercantiknya. Selain itu menanam buah dalam pot juga simple, ringkas, dan bisa dipindahkan kemana saja, termasuk kedalam rumah untuk mempercantik ruang tamu anda. Selain itu tanaman buah dalam pot juga terkesan artistij dan unik serta produktif. Anda bisa memetik buah belimbing saat anda duduk diruang tamu anda dan menikmatinya dengan keluarga.

Cara Mulai Menanam Belimbing dalam Pot

Untuk memulai penanaman buah belimbing dalam pot, maka yang anda perlukan adalah media tanam. Persiapkan media tanam yang cukup seperti sebuah pot yang besar. Masukkan media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang sudah jadi dengan perbandingan 1:1. Tanah yang dipakai harus dijemur dulu selama 3-5 hari agar mendapat sinar matahari dan bakteri serta hama mati. Tanah yang dipakai bisa diambil dari pekarangan namun pastikan tanah tersebut bebas dari rumput dan sampah serta jangan mengambil tanah yang tercampur pasir. Persiapkan pot yang akan dipergunakan untuk menanam. Pot yang dipergunakan sebaiknya terbuat dari tanah liat, ember, kaleng bekas, dan berbagai macam wadah yang bisa menampung tanah dan bagian bawahnya berlubang untuk pembuangan air. Pilih pot atau wadah yang sesuai dengan luas teras anda sehingga akan tampak pas dan indah saat anda menempatkanya di teras.

Penanaman Belimbing dalam Pot

Cara budidaya belimbing dalam pot tidak susah, jika media tanam sudah siap maka bibit yang sudah disiapkan ditanam dengan hati-hati dan dipendam sampai sebatas leher akar. Sebelum ditanam, kurangi daun agar penguapan yang terjadi bisa dikurangi. Cara tanam seperti ini akan meningkatkan kesempatan hidup tanaman buah belimbing tersebut. Setelah penanaman maka pemeliharaan harus dilakukan. Cara budidaya buah yang baik maka pemupukan juga dilakukan untuk mempercepat tumbuh tanaman. Dalam waktu yang tidak begitu lama dan dengan cara menanam yang tepat maka buah belimbing dalam pot anda akan segera berbuah dan anda bisa menikmati buahnya yang segar dan manis.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Belimbing di Halaman dengan Pot"

Leave a comment