1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Bisnis Budidaya Anthurium Cukup Menjanjikan


Anthurium atau biasa dikenal sebagai gelombang cinta, harganya mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Budidaya anthurium bisa menjadi peluang bisnis yang cukup baik, perawatan dan cara menanamnya juga cukup mudah.

Anthurium Tanaman Asli Indonesia

Anthurium adalah tanaman asli Indonesia, dan banyak juga tumbuh di daerah tropis. Ada 7 jenis pohon anthurium yang tumbuh di negara ini, anthurium kuping gajah, anthurium lidah gajah, anthurium rafidooa, anthurium wali songo, anthurium scherzerianum, anthurium andreanum, dan anthurium makrolobum. Bentuknya sangat artistik sehingga sangat cocok dijadikan hiasan dekorasi ruangan. Pada prinsipnya tanaman hias ada dua macam yaitu tanaman dekorasi taman dan tanaman dekorasi ruangan.

Anthurium Gampang Ditanam

Tanaman bunga anthurium ini sangat mudah ditanam karena akarnya banyak. Batang pohon ini kokoh, daunnya indah dan bunganya berbentuk seperti ekor. Tanaman ini adalah termasuk dalam family Araceae. Anthurium atau gelombang cinta ada dua jenis, yang hanya dinikmati daunnya atau disebut juga anthurium daun, dan yang dinikmati bunganya atau anthurium bunga. Tanaman gampang sekali tumbuh di batang pohon yang membusuk, sehingga menjadikan penanaman pohon ini tidak sulit. Meskipun cara tanam pohon ini tidak sulit, tapi penting untuk mengetahui teknik budidaya tanaman ini agar hasilnya maksimal dan memiliki nilai artistik yang tinggi, sehingga bisa dihargai dengan tinggi. Cara memperoleh biji pohon gelombang cinta adalah dengan teknik penyilangan bunga jantan dan bunga betina.

Anthurium tidak Suka Cahaya Matahari Langsung dan Penuh

Tanaman yang memiliki bentuk daun artistik ini tidak terlalu suka cahaya matahari yang penuh dan langsung, lokasi yang bagus untuk tumbuhan ini adalah ditempat yang teduh. Perlu dipasangkan paranet 65% agar tumbuhnya optimal, alat tersebut dipasang rangkap dua untuk melindungi dari penyinaran secara langsung. Atau bisa juga diletakkan diteras yang tidak langsung kena sinar matahari.  Tapi sangat disarankan setiap hari ketika cahaya matahari sedang bagus, tanaman harus diputar supaya tumbuhnya bagus, agar dapat bentuk yang artistik.

Cara Budidaya Anthurium

Cara budidaya Anthurium mudah, karena bisa dilakukan di media tanah jenis apa saja, bahkan tanah merah sekalipun. Tapi yang paling bagus memakai porus. Porus itu campuran dari sekam biasa dan sekam bakar, lalu dicampur berbagai macam pakis, dan pasir terutama pasir malang. Perhatikan sirkulasi udara dalam pot harus bagus. Selain itu sebaiknya tanaman direndam dulu dg fungisida agar tidak berjamur. Cara bercocok tanam tumbuhan ini cenderung gampang, bahkan dalam penggantian pot kalau tanaman sudah tidak muat tinggal dipindahkan ke pot yang lebih besar, dipindahkan sekalian dengan medianya, lalu ditambahkan lagi porus sampai penuh. Pot yang digunakan yang paling baik pot dari tanah, karena pori-pporinya banyak sehingga sirkulasi udaranya bagus. Untuk porus, lebih baik bila dilakukan pengukusan satu jam sebelum digunakan. Pot juga lebih baik direndam didalam air seblum digunakan, karena pori-porinya akan membuka.

Pembibitan Gelombang Cinta

Bibit bisa diperoleh dengan dua cara, vegetatif dan generatif. Proses generatif adalah mengawinkan bunga jantan dan bunga betina. Yang jantan memiliki benang sari, yang betina biasanya berlendir. Untuk memperoleh biji anthurium ambil benang sari memakai jentik, lalu oleskan benang sari tersebut pada lendir sampai rata. Untuk memperoleh hasilnya dibutuhkan waktu selama dua bulan kurang lebih, ketika bunga anthurium telah masak, banyak biji gelombang cinta dalam bunga masak tersebut. Biji lalu dikupas, dicuci dan dibiarkan dulu kena angin baru ditaburkan ditanah yang halus, lembab dan harus selalu disiram. Cara yang vegetatif dengan menanam satu mata cabang dan stek batang. Ketika menanam stek batang, harus disertakan setidaknya  3 akar.

←More from Budidaya Tanaman

↑ Back to Top