Cara Budidaya Anggur

Anggur adalah salah satu jenis tanaman penghasil buah yang memiliki beragam nutrisi dan vitamin yang dapat menyehatkan tubuh.Tanaman anggur bertipe merambat karena termasuk tumbuhan perdu. Asal muasal tanaman anggur yakni dari Armenia, namun sejarah juga mencatat bahwa tanaman ini telah mulai dikembangkan di kawasan Timur Tengah sejak tahun 4000 sebelum masehi. Buah anggur memiliki ciri-ciri yakni kulitnya tipis dan dagingnya tebal namun lunak. Warna buahnya pun juga beragam, ada yang hitam, merah, hijau, dan lain-lain sesuai dengan jenisnya masing-masing.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, anggur juga dikenal sebagai buah yang memiliki rasa segar dan lezat. Rasa buah anggur cukup beragam, mulai dari masam, masam agak manis, manis, hingga sangat manis, tergantung jenis anggur tersebut. Saat ini kita telah bisa menjumpai dan menikmati beragam jenis anggur yang ada, seperti anggur lokal, anggur merah, anggur hijau, dan lain-lain. Dalam hal rasa, jenis anggur murni lokal memang masih kalah nikmat bila dibandingkan dengan jenis-jenis anggur impor.

Akan tetapi Anda jangan salah, berkat kemajuan teknologi saat ini, para petani lokal telah berhasil mengembangkan sebuah teknik budidaya anggur yang berhasil membuat anggur lokal jenis baru dengan cita rasa yang tidak kalah nikmat jika dibandingkan dengan anggur impor.

Manfaat Anggur

Anggur dapat diolah dengan berbagai macam cara. Selain sebagai sebuah hidangan pencuci mulut yang nikmat dan kaya akan nutrisi, anggur juga bisa diolah menjadi salah satu bahan minuman yang nikmat. Minuman yang terbuat dari olahan anggur ini disebut dengan wine (di dalam bahasa Inggris, “wine” berarti “anggur”). Saat ini wine dikenal sebagai salah satu minuman mewah yang harganya sangat mahal. Maka tak heran bila sekarang banyak pengusaha yang bergerak di bidang pembuatan wine.

Bahkan Anda sekalian yang juga gemar dengan olah raga sepak bola tentu tahu bahwa salah satu pemain hebat dunia asal Italia yang bernama Andrea Pirlo saat ini juga sedang menekuni usaha perkebunan anggur yang diolah menjadi wine, disamping kesibukannya bermain bola. Dia mengaku bahwa perkebunan tersebut adalah bagian dari rencana masa depannya setelah pensiun dari dunia sepak bola nanti. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan dikarenakan usaha budidaya atau perkebunan anggur memang menjadi salah satu kesempatan berbisnis yang menawarkan masa depan yang cerah.

Peluang Bisnis Budidaya Anggur

Setelah mengetahui betapa besar potensi yang dapat dihasilkan oleh usaha budidaya anggur, tentu ada juga diantara Anda sekalian yang mulai tertarik untuk mencoba usaha ini, terlebih lagi bagi para pecinta kegiatan bercocok tanam. Sebenarnya ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus dan bagi Anda sekalian yang ingin mencoba terjun ke dalam bisnis ini, di sini kami ingin memberikan beberapa informasi seputar cara budidaya anggur. Anggur memang memiliki beragam jenis yang berbeda, namun cara budidayayang harus dipelajari untuk mengembangkan tanaman ini secara umum kurang lebih sama.

Tips Budidaya Anggur

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda sekalian yang ingin mengembangkan bisnis budidaya anggur. Tips yang pertama yaitu pilihlah lahan baik yang berada di lokasi yang tepat untuk mengembangkan jenis tanaman ini. Untuk mengetahui kriteria tentang lokasi yang cocok, pada sub judul selanjutnya akan kita bahas hal tersebut. Tips yang selanjutnya yaitu pelajarilah cara budidayanya dengan cermat, termasuk cara menyiapkan lahan, cara menanam, maupun cara merawat anggur. Kemudian yang terakhir, pelajarilah juga mekanisme bisnisnya dengan baik sehingga kedepan bisa berjalan dengan lancar.

Pemilihan Lahan

Lahan yang paling cocok untuk budidaya anggur yakni yang terletak di daerah dengan iklim tropis yang memiliki musim kemarau panjang, dalam hal ini negara kita masuk kedalam kriteria yang diperlukan. Selanjutnya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah, terutama di daerah tepi pantai. Sinar matahari yang melimpah dan udara kering sangat cocok untuk menumbuhkantanaman ini dengan maksimal, akan tetapi daerah yang berangin kencang kurang bagus untuk tanaman anggur. Jadi sebaiknya kita mengkondisikan lahan kita supaya tidak mendapat tiupan angin yang terlalu kencang.

Pengolahan Lahan dan Pembenihan

Setelah mendapatkan lahan yang cocok, proses berikutnya yaitu mencangkuli lahan untuk mempersiapkan lubang-lubang tanam dengan jarak sekitar 60 cm dan memupuk tanah. Setelah lahan siap, proses selanjutnya yaitu melakukan pembenihan. Bibit anggur bisa kita dapatkan setidaknya dengan dua macam cara, yakni dengan cara generatif (menumbuhkan biji anggur) maupun dengan cara vegetatif (mencangkok, melakukan penyambungan, stek, dan sebagainya).

Cara Menanam Anggur

Selanjutnya kita memasuki pembahasan mengenai cara penanaman anggur. Teknik menanam anggur yang benar yakni dimulai pada waktu musim kemarau. Cara tanam yang digunakan cukup sederhana saja, yakni dengan menempatkan bibit-bibit anggur yang telah siap tanam kedalam lubang-lubang tanam di atas lahan. Selanjutnya tanaman anggur tersebut tinggal kita rawat dengan pengairan, pemupukan, maupun penyemprotan hama secara rutin. Kemudian jangan lupa juga menyediakan media rambatan berupa anyaman untuk setiap tanaman anggur yang kita tanam.

Be the first to comment on "Cara Budidaya Anggur"

Leave a comment