Teknik Budidaya Aglaonema

Aglaonema merupakan salah satu tanaman bunga yang memilki cara budidaya cukup sederhana. Berikut ini anda akan mendapatkan info mengenai teknik budidaya tanaman hias Aglaonema yang baik untuk kelangsungan hidup tanaman ini. Teknik yang harus anda lakukan terbagi dalam beberapa tahap, mulai dari pemilihan bibit, penanaman, dan juga perawatan.

Tanaman Hias Aglaonema

Gambar Bunga Aglaonema

Cara Menanam Aglaonema

Cara tanam aglaonema adalah sebagai berikut. Pertama, langkah budidaya tanaman ini bisa dilakukan dengan cara menanam bonggolnya. Ambil saja satu bonggol yang bisa anda peroleh dari anakan baru tanaman aglaonema ini sebanyak dua sampai tiga anakan saja. Setelah 6 bulan berlalu, anda bisa langsung memisahkan anakan baru tersebut dari induknya.

Cara menanam yang lainnya bisa dilakukan dengan teknik merangsang tanaman induk. Teknik ini dilakukan dengan mengeluarkan tunas baru. Antara satu pucuknya nanti, anda akan bisa mendapatakn dua hingga tiga anakan yang baru. Anakan yang berasal dari potongan pucuk ini tentunya akan bisa menjadi bibit yang baik setelah memiliki 5 sampai dengan 7 daun.

Langkah bercocok tanam dengan menggunakan pucuk yang maksimal bisa juga anda lakukan. Pilih tanaman Aglaonema dewasa yang sudah memiliki 8 sampai dengan 10 helai daun. Kondisi tanaman yang anda tanam harus dalam keadaan dewasa dan kokoh. Kemudian hangan lupa untuk memberikan pupuk kepada tanaman ini saat proses penanaman berlangsung.

Pemberian Pupuk Pada Bunga Aglaonema

Frekuensi untuk memberikan pupuk juga bisa ditingkatkan pada saat penanaman berlangsung selama 2 hingga 3 minggu. Untuk lebih jelasnya mengenai cara untuk melakukan pemotongan pucuk, silahkan anda mengikuti langkah berikut ini. Pertama, siapkan media untuk memotong pucuk tersebut, misalnya pisau atau alat pengorek. Kemudian koreklah media yang digunakan untuk melihat kondisi akar apakah kondisnya kuat atau tidak. Kriteria akar yang dipilih pada dasarnya memang harus kuat.

Lalu, batang dari tumbuhan aglaonema ini harus dipotong dan disisakan satu daun pada bonggol tanaman induknya. Hal ini penting supaya induk masih bisa tetap berfotosintesis dan menghasilkan tanaman. Ini akan sangat berguna untuk menghasilkan tunas baru yang muncul nantinya.

Tips Menanam Aglaonema Secara Baik

Tanaman aglaonema ini harus ditanam di campuran tanah sekam, pasir malang, humus anda, dan pakis dengan rasio 1:5:2:2. Pada bagian bagian bonggol yang anda potong, pastikan untuk mengolesi antiseptic pada potongan tersebut agar bisa menutupi luka pada tanaman yang satu ini.

Siramlah bunga aglaonema ini secara teratur dan pastikan anda meletakannya di tempat yang teduh. Tanaman ini memang lebih menyukai tempat yang teduh dibandingkan dengan tempat yang kering. Tunas baru yang anda inginkan nantinya akan muncul dalam kurun waktuv kira-kira satu bulan.

Langkah Pemeliharaan Aglaonema

Cara untuk memelihara tanaman aglaonema juga tidak sulit. Pastikan anda memelihara tanaman ini di kelembaban suhu yang stabil.  Dengan memberikan tempat yang baik untuk tumbuh, aglaonema akan bisa menjaditanaman hias yang bagus untuk dimanfaatkan nantinya. Anda juga harus melakukan langkah pemeliharaandengan cara membungkus tanaman yang kuat dengan menggunakan bungkus plastik. Ini akan berguna untuk menyeleksi mana tanaman aglaonema yang memiliki bibit unggul atau akar yang kuar.

Cara Mendapatkan Hasil Tanaman Aglaonema yang Memuaskan

Sebagai salah satu komoditas bisnis, tanaman aglaonema ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dibudidayakan. Menggandakan pemberian pupuk untuk tanaman ini juga menjadi tahap pemeliharaan yang harus anda lakukan, terutama sebelum pemotongan pucuk berlangsung. Cara memilih akar yang kokoh juga bisa dilihat dari penampakan akarnya yang berwarna putih, gemuk, dan tidak busuk.

Be the first to comment on "Teknik Budidaya Aglaonema"

Leave a comment