1001Budidaya.com

aneka ragam budidaya tanaman dan hewan

Cara Budidaya Adenium


Bagi para pecinta tanaman adenium , anda bisa mendapatkan info mengenai cara budidaya tanaman adenium berikut ini. Adenium merupakan salah satu tanaman yang membutuhkan media penanaman yang mengandung udara cukup dan mampu menahan kelembaban agar pertumbuhan yang dimiliki oleh tanaman ini bisa menjadi maksimal. Teknik budidaya tanaman adenium ini dimulai dari proses penanaman, pemilihan benih, pemupukan, dan juga perawatan. Cara tanam Adenium ini juga harus memperhatikan musim, pasalnya ketika musim hujan, tanaman ini tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Hal ini jelas karena tanaman adenium akan bisa menjadi layu jika ditanam pada musim hujan atau di musim yang udaranya lembab. Bisa saja anda menanamnya pada musim hujan, jika anda memiliki media yang benar-benar baik untuk tanaman ini.

Cara Menanam dan Pemupukan Adenium

Cara menanam adenium  juga bisa dilakukan di dalam pot. Namun tidak boleh sembarangan pula jika anda hendak memilih pot. Anda harus memilih pot tanaman yang bagus dan sebaiknya tidak terbuat dari gerabah atau keramik. Hal ini jelas dikarenakan pot tersebut nantinya akan bisa pecah jika bonggol tanaman ini sudah besar dan tidak muat di tanaman tersebut. Jika memang ingin menanam dalam pot, pilihlah pot penanaman yang baik dan terbuat dari dinding yang kokoh sehingga tidak mudah pecah, disarankan untuk menggunakan pot plastik karena pot yang satu ini bersifat ringan dan tidak mudah pecah. Lubangg drainase dari tanaman ini juga harus besar dan banyak. Hal ini bertujuan untuk menjamin tidak adanya penyumbatan air yang nantinya akan berakibat fatal pada pertumbuhan tanaman ini.

Proses penyiaramannya juga harus diperhatikan agar bisa menghasilkan buah yang baik untuk tanaman ini. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman ini, jangan biarkan tanaman Adenium menjadi kering karena anda lupa menyiramnya. pohon adenium yang telah tumbuh bisa anda siram setiap hari. Penyiraman ini bertujuan untuk membuat bonggol dari adenium tidak sampai mongering. Untuk memilih pupuk yang tepat, anda bisa menggunakan pupuk kimia yang berasal dari pupuk Urea, pupuk KCL,dan pupuk TSP. Dengan menggunakan pupk kimia tersebut, tanaman anda akan tumbuh menjadi lebih baik. Disarankan untuk melarutkan terlebih dahulu pupuk tersebut kedalam air dan kemudian disemprotkan ke tanaman yang anda tanam ini.

Penyakit pada Tanaman Adenium

Ada beberapa penyakit yang akan muncul dan menyerang tanaman ini, salah satunya adalah phomopis yang disebabkan oleh jamur. Biasanya penyakit ini akan menyerang permukaan daun yang cekung. Gejala yang muncul yang menandakan penyakit ini adalah adanya bintik cokelat di permukaan daun. Semakin lama, bintik ini akan melebar dan membuat daun menguning, pada tahap yang sudah kritis, daun tersebut akan bisa rontok. Cara mengendalikan jamur ini adalah dengan memusnahkan daun yang sudah terinfeksi. Cara lainnya adalah dengan menggunakan fungisida.

Untuk bisa melakukan pembibitan dengan baik, suhu dan juga kelembaban lingkungan haruslah diperhatikan. Tanaman ini termasuk tanaman yang tropis dan senang di suhu yang panas yaitu berkisar antara 30 sampai dengan 35 derajat celcius. Tetapi jangan terlalu panas juga karena akan menyebabkan umur dari tanaman ini menjadi pendek. Cara memperbanyak bunga adenium bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan pemilihan biji dan juga sambung. Proses ini banyak dipakai oleh para petani tanaman adenium. Cara ini akan bisa menghasilkan tanaman adenium yang bagus dan berkualitas sesuai dengan keinginan petani.

Send to Kindle
More from Budidaya Tanaman
Back to Top